Spesifikasi Honda HR-V Turbo yang Baru Diluncurkan

Loading...

Honda HR-V, Ada kabar baru dari Honda. Belum lama ini pabrikan mobil ternama asal Jepang itu menghadirkan Honda HR-V Sport 2019. Yang menarik mobil Honda ini dibekali dengan mesin turbo. Mesin dengan dukungan turbo ini menjadi andalan untuk trim Sport, dengan beberapa penyegaran untuk model year 2019.

Loading...

Sayangnya Honda HR-V Turbo ini tidak hadir untuk pasar Indonesia. Crossover Honda ini ditujukan untuk pasar Eropa.

Melirik detailnya, Honda HR-V 2019 untuk pasar Eropa memiliki ubahan yang mirip dengan HR-V facelift yang hadir di Indonesia. Terdapat grille model baru yang dilabur dengan krom gelap, air intake yang besar, lampu LED dan fog lamp. Di samping itu juga hadir pelek berdiameter 17 inci dengan desain baru.

Untuk varian Sport, Honda menyertakan aksesoris tambahan, di antaranya splitter depan, side skirt, wheel arch molding dan bemper belakang lebih agresif dengan dua lubang knalpot. Semuanya dibalut dengan warna hitam sehingga memperkuat kesan sporty, termasuk pelek 18 inci, spion dan knalpot.

Honda HR-V varian Sport ini tidak hanya mendapat pembaruan tampilan saja. Kehadiran turbo turut memperkuat aura sporty dari mobil ini. Di balik bonet bersemayam mesin berkapasitas 1,5 liter turbo. Hanya saja belum diketahui pasti apakah mesin ini diambil dari CR-V Turbo dan Civic Turbo yang sudah beredar di pasaran.

Akan tetapi kemungkinan dapur pacu tersebut sama, hanya tenaganya saja yang berbeda. Menurut spesifikasi Honda HR-V Sport mengeluarkan tenaga sebesar 182 PS atau 180 hp dengan torsi puncak 240 Nm. Sebagai pembanding, Honda CR-V lokal memiliki output daya yang sedikit lebih besar, yakni 190 PS dengan torsi 240 Nm. Sementara pada Civic Turbo mencapai 173 PS dengan torsi maksimum 220 Nm.

Ada dua versi transmisi yang ditawarkan. Yang pertama adalah transmisi manual 6-percepatan. Opsi ini cocok untuk pengguna yang ingin merasakan sensasi hentakan boost turbo. Di samping itu juga ada opsi transmisi CVT. Hanya saja torsinya turun menjadi 220 Nm.

Baca juga: Pilih Honda HR-V 1.5 Atau 1.8?

Performa mobil Honda terbaru ini terbilang menarik. Untuk berakselerasi 0-100 km/jam, HR-V Turbo memerlukan waktu 7,8 detik untuk versi manual, dengan kecepatan maksimal 215 km/jam. Sementara versi CVT pencapaiannya 8,6 detik dengan top speed 200 km/jam.

Tidak hanya dapur pacunya saja yang mengalami revisi, sektor suspensi juga turut berubah. Honda menyematkan teknologi “Performance Damper”. Teknologi ini diklaim mampu menjaga bodi tetap rata saat menikung cepat. Getaran ketika melewati jalan kasar juga dapat diminimalisir. Supaya lebih lincah, Honda HR-V 2019 ini juga dilengkapi dengan electronic power steering yang diatur ulang.

Di Eropa Honda HR-V mempunyai opsi mesin lain di luar turbo, yakni bensin naturally aspirated (N/A) 1,5-liter dengan tenaga 130 PS (128 hp) dan 1,6-liter turbo diesel 120 PS. Spesifikasinya berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia.

Untuk mesin 1,5 liter mempunyai tenaga yang justru lebih kecil. Yakni mencapai 120 PS dengan torsi 145 Nm. Di samping itu ada varian Prestige dengan dukungan mesin 1,8 liter yang mampu mengeluarkan daya 139 PS dan torsi 169 Nm yang tetap kalah dari versi mesin turbo.

Keduanya dikombinasikan dengan transmisi CVT sebagai pilihan standar. Sementara manual 6-percepatan hanya tersedia pada HR-V 1.5 termurah.

Loading...