Home Motor Ciri-Ciri Aki Motor Perlu Diganti, Simak Nih!

Ciri-Ciri Aki Motor Perlu Diganti, Simak Nih!

0 61

Aki Motor, Dari sekian banyak komponen yang ada pada sepeda motor, aki menjadi salah satu yang familiar di telinga. Aki atau battery merupakan komponen penting pada kendaraan motor. Fungsinya adalah untuk menghidupkan sistem kelistrikan. Aki bekerja untuk sistem elektrik starter dan juga menyalakan lampu-lampu yang ada pada motor.

Sama seperti komponen lainnya, aki motor memiliki masa pakai yang berkurang seiring penggunaan. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita cermati untuk mengetahui apakah aki motor sudah waktunya ganti. Aki yang sudah tidak layak pakai pastinya membuat performa motor menjadi tidak maksimal.

Mengenai hal tersebut, Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT Piaggio Indonesia memberikan penjelasannya. Disebutkan bahwa ada dua tanda aki pada motor rusak.

“Jenis aki rusak itu kan ada dua tandanya. Lagi jalan mati atau memang benar nggak bisa hidup. Nah, kalau memang akinya sudah jelek. Dia nggak bisa nyimpen arus. Susah starter. Begitu sudah panas, motor gampang starter. Itu aki yang jelek,” ungkapnya, mengutip dari laman DetikOto.

Baca juga: 5 Hal yang Mempengaruhi Umur Aki Motor

“Tapi misal aki mati, lalu dijumper. Tapi begitu jumper dilepas, aki mati, nah itu pengisiannya yang bermasalah,” tambahnya.

Adi mengatakan, ciri aki yang lemah dapat diketahui ketika menghidupkan motor. Jika aki motor sudah mati, pagi-pagi saat motor masih dingin starter sulit untuk dilakukan. “Abis dijumper nih mesin hidup. Abis itu bisa starter lagi. Nah itu berarti aki nggak bisa nyimpen arus,” jelasnya.

Di samping itu juga ada aki yang kuat menyimpan arus namun tidak kuat untuk starter. Hal ini terjadi lantaran daya cracking hilang. “Artinya daya voltase dia gede arus bagus cuma starter nggak kuat,” kata Adi.

Untuk itu Adi menyarankan kepada pemilik motor untuk memanaskan motor saat pagi hari. Tujuannya supaya aki motor awet dan beban kerjanya tidak terlalu besar.

“Mau melihat pengecasan aki bagus atau tidak caranya kunci kontak on lampu sein nyalain pencet klakson. Dan periksa voltase, begitu di-starter penunjuk di bawah 9 volt berarti aki jelek. Tapi kalau dari 12 itu dia turun mendekati 9 volt itu crackingnya masih bagus,” ujarnya.

Baca juga: 5 Penyebab Aki Motor Dan Mobil Cepat Tekor

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply