Redmi Car, Saat Pabrikan Smartphone Xiaomi Buat SUV

Loading...

Redmi Car, Pasar roda empat diramaikan oleh berbagai merek ternama. Kebanyakan di antaranya merupakan pemain lama. Akan tetapi juga ada pemain baru yang tak bisa dipandang mata. Xiaomi misalnya, baru-baru ini membuat heboh jagat otomotif lantaran memperkenalkan mobil baru pertamanya. Mobil ini berjenis SUV dan diberi nama Xiaomi Redmi Car.

Loading...

Hal ini bisa dikatakan unik sekaligus menarik. Pasalnya Xiaomi dikenal khalayak sebagai produsen smartphone dan juga beraneka ragam gadget lainnya. Seolah tak puas dengan pencapaiannya saat ini, Xiaomi melebarkan sayap dan mencoba peruntungannya di dunia otomotif.

Xiaomi Redmi Car juga minim pemberitaan mengenai soal model konsep maupun bocoran seperti mobil baru yang beredar di pasaran yang dibalut kamuflase sedang uji jalan. Tak mengherankan bila kehadiran SUV Xiaomi ini mengejutkan banyak pihak.

Untuk diketahui, langkah Xiaomi untuk menghadirkan mobil bocor sejak 4 bulan yang lalu. Saat itu pabrikan asal China ini mengumumkan kerjasamanya dengan FAW (First Auto Work).

FAW sendiri merupakan salah satu pabrikan otomotif besar di China. FAW bertugas untuk menyematkan teknologi virtual assistant Xiao-AI pada mobil keluaran terbarunya.

Menurut informasi dari Digitalphablet, Redmi Car sejatinya bukanlah produk yang dirancang Xiaomi dari nol. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi dan rebadge dari Bestune T77. Bestune sendiri adalah anak perusahaan FAW yang berperan memproduksi mobil penumpang.

Melihat mobil Xiaomi ini, desainnya terlihat seperti Range Rover Evoque yang memiliki mode floating roof. Sementara untuk bagian belakang tampak seperti DFSK 560 yang baru saja hadir di Indonesia.

Bestune memang menjadi merek yang asing di telinga. Bestune T77 yang menjadi basis dari Xiaomi Redmi Car diperkenalkan pertama kali pada November 2018 kemarin di Guangzhou Auto Show.

Dimensi SUV Xiaomi ini mirip dengan Wuling Almaz yang dijual di Tanah Air. Panjangnya 4.525 mm, dengan lebar 1.845 mm dan tinggi 1.615 mm. Lalu untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya 2.700 mm.

Tampilan mobil ini terlihat tegas, dengan lampu mengotak dan sipit. Juga hadir grille dengan desain ala 3D. bumper depan juga dibuat sporty. Sementara sisi samping tampak mirip dengan mobil lansiran Jaguar Land Rover namun dalam bentuk yang lebih kecil. Sementara pelek dilabur dengan warna putih.

Untuk performanya, Redmi Car mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.200 cc dengan tambahan peranti turbocharged. Tenaganya diklaim bisa menembus angka 141 dk dengan torsi puncak 204 Nm. Daya ini diteruskan ke roda lewat transmisi manual 6-percepatan.

Yang tak kalah menarik adalah harga mobil baru ini. Disebutkan bahwa harga Xiaomi Redmi Car berkisar 89.800 sampai 134.000 Yuan atau sekitar Rp 187 jutaan sampai dengan Rp 282 jutaan.

Sebenarnya Xiaomi bukan satu-satunya merek smartphone yang menghadirkan mobil. Pada akhir Maret kemarin pabrikan perangkat keras asal Korea, Samsung sudah lebih dulu memperkenalkan XM3. mobil ini berbasis Renault Arkana dan diperkenalkan di Seoul Motor Show.

Hadirnya SUV dengan label Xiaomi bisa menjadi langkah awal yang baik bagi Xiaomi untuk menjangkau pasar yang belum terjamah sebelumnya. Apalagi SUV belakangan ini menjadi mobil yang sedang tren. Apakah mobil ini nantinya juga hadir di Indonesia?

Loading...