Home Mobil Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

0 69

Pajak Kendaraan, Kemajuan teknologi membuat masyarakat dimudahkan dalam berbagai hal, termasuk ketika membayar pajak tahunan kendaraan. Sebab sudah ada fasilitas e-Samsat yang sudah terintegrasi dan bisa dimanfaatkan oleh pemilik mobil dan sepeda motor.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irejen Pol Refdi Andri mengatakan masyarakat yang memakai layanan ini akan dibuat lebih praktis saat membayar pajak kendaraan. Sebab tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat di wilayah masing-masing.

“Jadi prosesnya ini kita buat mudah agar masyarakat mau beralih menggunakan e-samsat yang sudah bisa diakses secara nasional ini,” ungkap Refdi, dikutip dari Kompas. Lebih jelasnya di bawah ini adalah mekanisme bayar pajak secara online.

Pembayaran Pajak Kendaraan Online

Mengisi Data

Pertama-tama pemilik kendaraan perlu mengisi data pada aplikasi Samsat Online Nasional. Data yang diisi meliputi NRKB (no.registrasi), NIK (KTP), No. Rangka Kendaraan, Nomor Telepon, hingga alamat email.

Sistem Memverifikasi Data

Jika data dianggap valid, maka akan tampil data pemilik kendaraan tersebut.

Hasil Penetapan Pajak

Sesudah proses di atas, secara otomatis akan keluar besaran pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan.

Mendapat Notifikasi

Pemohon nantinya akan memperoleh notifikasi secara elektronik dan kode pembayaran atau rincian pembayaran pajak. Kode ini berlaku selama 2 jam, artinya jika tidak melakukan pembayaran maka sistem akan tertutup dan tagihan tersebut tidak akan berlaku lagi.

Baca juga: Tak Bayar Pajak Kendaraan STNK Bakal Dihapus

Pembayaran

Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran lewat ATM atau di bank terdekat (Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Permata, BCA, CIMB Niaga dan lain-lain), atau juga bisa lewat internet banking. Pembayaran disesuaikan dengan jumlah yang tertera pada notifikasi sebelumnya.

Bukti Pembayaran

Sesudah selesai melakukan pembayaran, pemohon akan mendapatkan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak lewat email. Bukti ini akan berlaku selama 30 hari, terhitung sejak hari pertama dikirim.

Pengiriman Stiker Pengesahan

Selanjutnya stiker pengesahan akan dikirim ke pemilik kendaraan yang sesuai dengan alamat yang tertera di STNK.

“Aplikasi itu sudah bisa diunduh oleh pengguna ponsel berbasis android atau iPhone,” kata Refdi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply