Home Auto News Mesin Yamaha dengan Turbocharger Sedang Dikembangkan

Mesin Yamaha dengan Turbocharger Sedang Dikembangkan

0 109

Mesin Yamaha, Pabrikan roda dua saling berlomba untuk menghadirkan produk yang menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang, pabrikan motor biasanya juga menghadirkan produk yang inovatif. Misalnya menghadirkan motor baru dengan dukungan teknologi canggih, atau motor dengan mesin bertenaga buas.

Hal ini juga dilakukan oleh salah satu merek motor ternama asal Jepang, Yamaha. Pabrikan roda dua berlogo tiga garputala ini diketahui sedang mengembangkan mesin baru. Menariknya mesin ini dilengkapi dengan peranti turbocharger. Konon mesin baru Yamaha ini akan disematkan pada jajaran motor sportnya.

Menurut informasi dari Paultan, mesin itu akan dibenamkan pada Yamaha MT-07. Motor ini sendiri menjadi moge Yamaha terlaris di Negeri Jiran,Malaysia. Kepastian rumor tersebut semakin dipertegas dengan beredarnya gambar paten di dunia maya.

Pada gambar tersebut tampak mesin dua silinder dengan turbocharger yang dikombinasikan dengan header exhaust. Jika gambar ini benar-benar bersumber dari Yamaha, maka bisa dipastikan performa MT-07 akan lebih besar dari yang beredar di pasaran saat ini.

Untuk model terbarunya memakai mesin berkpasitas 689 cc dengan pendingin cairan dan crossplane dua silinder. Tenaga yang dihembuskan bisa mencapai 73,7 hp pada putaran mesin 9.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya bisa menembus angka 68 Nm pada 6.500 rpm.

Dengan tambahan peranti turbocharger, maka gejala turbolag akan berkurang sehingga bisa menambah kekuatan motor. Tidak hanya itu, pemakaian turbocharger dapat memaksimalkan efisiensi mesin dengan memakai gas buang untuk meningkatkan tenaga.

Untuk diketahui, turbocharger pada sepeda motor bukanlah hal yang baru. Sebab teknologi ini pernah hadir di Jepang pada tahun 1980-an. Awalnya teknologi tersebut dihadirkan untuk mengatasi daya motor yang cenderung kecil pada mesin kecil.

Selain itu juga untuk mengurangi berat atau kelambatan (turbolag). Akan tetapi setelah standar emisi Euro 5 diberlakukan, tepanya pada 2020, pabrikan perlu mencari cara untuk mendapat mesin dengan tenaga yang lebih baik pada motor buatannya tanpa melanggar hukum.

Maka dari itu penggunaan perangkat turbocharger menjadi hal yang menarik untuk diterapkan dan terus dikembangkan hingga saat ini. Sehingga menjadi teknologi pada mesin kendaraan yang populer untuk menambah daya atau kekuatan pada motor maupun mobil, meski kapasitas mesin tidak terlalu besar.

Yamaha berharap dengan adanya turbocharger kubikasi mesin akan mengecil yang menghemat konsumsi bensin sekaligus mendongkrak tenaganya. Kelebihan lainnya dengan ukuran mesin yang lebih kecil maka emisi gas buang juga lebih ramah lingkungan berkat adanya catalytic converter yang lebih besar lantaran adanya ruang tambahan.

Source: moge yamaha terbaru, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply