Motor Listrik Gesits Akan Meluncur di IIMS 2019

Loading...

Gesits, Banyak yang menanti-nanti kehadiran motor listrik karya anak bangsa, Gesits. Motor ini sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan, hanya saja masih dalam wujud prototipe. Dan kabar baiknya Gesits versi produksi siap dirilis dalam waktu dekat.

Loading...

Motor baru ini akan diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Informasi ini disampaikan langsung oleh Harun Sjech, CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI).

“Jadi sebelumnya kami tidak pernah bilang produksi, dalam publikasi kita selalu bicara prototipe. Nanti saat IIMS goal kita akan memperkenalkan, bukan prototipe lagi tapi versi produksi. Kita akan official commercial launch di IIMS,” ujar Harun, dikutip dari KompasOtomotif.

Ia menerangkan sebelum-sebelumnya kabar mengenai produksi Gesits tidak pernah dipublikasikan lantaran masih dalam tahap prototipe riset. Termasuk Gesits yang dicoba oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Bahkan bodi pun baru selesai di awal tahun lalu, sehingga tahap finalisasi baru bisa dilakukan sekarang dan menjadi model prototipe versi siap produksi. Harun mengatakan bahwa di IIMS 2019 mendatang akan diinformasikan lebih lanjut mengenai detail dari sisi spesifikasi motor listrik Gesits ini. Tak terkecuali soal harga motor listrik Gesits.

“Kita akan keluarkan harganya berapa, kapan bisa dipesan, kapan bisa mendapatkan produknya, lalu spesifikasi juga sudah final semua. Konsumen yang tertarik dengan Gesits pun sudah bisa melakukan pemesanan saat IIMS nanti,” kata Harun.

Tidak berhenti sampai di situ, Harun juga mengklaim tidak akan ada masalah mengenai kelengkapan administrasi kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaran (STNK). Ia memastikan STNK Gesits akan keluar saat motor tersebut sudah resmi dijual ke konsumen.

Baca juga: Brosur Spesifikasi Motor Listrik Gesits Bocor

“Soal STNK itu normal biasa, seperti motor biasa saja, karena sekarang ini kan kita pararel, kita juga sedang homologasi, leasing sudah ada beberapa, nanti kita bahas saat auto show karena itu berkaitan dengan dengan harga,” jelasnya.

Kehadiran Gesits sebelumnya sempat beberapa kali meleset. Kepastian kehadiran motor listrik nasional ini di ajang otomotif internasional yang akan berlangsung pekan depan bisa jadi sekaligus memanfaatkan momentum di tengah rencana pemerintah yang mulai menggaungkan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) kendaraan listrik di Indonesia. Di samping itu pemerintah juga akan menggenjot produksi dan populasi kendaraan listrik.

Mohammad Nasir, Menteri Riset Tenologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menerangkan bahwa produksi motor listrik Gesits sudah dimulai bulan ini dengan kapasitas produksi hingga 5.000 unit per bulan.

“Mulai April ini sudah mulai produksi massal. Mei sudah mulai pemasaran. Setiap bulan produksinya 5.000 motor listrik. Kapasitas produksi dalam satu tahun sekitar 60 ribu motor listrik,” ungkapnya, melansir dari laman Okezone.

Mengenai sistem pengisian baterai dapat dilakukan di beberapa SPBU Pertamina yang sudah dilengkapi dengan fasilitas recharging. Untuk mengisi baterai hingga penuh memerlukan waktu pengisian selama 3 jam.

“Dengan pengisian sekira setengah jam Gesits bisa menempuh jarak 3 kilometer, dalam kondisi baterai penuh sepeda motor bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer,” paparnya.

Loading...