Home Auto News Spesifikasi Wuling Cortez CT Bermesin Turbo

Spesifikasi Wuling Cortez CT Bermesin Turbo

0 202

Wuling Cortez, Kehadiran Almaz tak lantas membuat pabrikan mobil asal Negeri Tirai Bambu, Wuling berpuas diri. Kini Wuling Motors kembali meluncurkan mobil terbarunya. Mobil ini adalah Wuling Cortez CT.

Sebelumnya Cortez sudah dirilis di Indonesia, lalu apa yang baru dari Cortez CT?

Daya tarik dari mobil keluarga ini adalah hadirnya mesin turbo. Jantung pacu ini diambil dari Wuling Almaz dengan beberapa penyesuaian.

Melihat sisi eksteriornya, Wuling Cortez CT tampil sama persis dengan yang sudah hadir di Indonesia. Yang membedakan hanyalah dapur pacunya saja. Sisi luar terdapat sedikit perbedaan di sisi grille dan tambahan emblem Turbo di bagian belakang.

Sementara untuk sisi interior Wuling menyematkan kulit putih di beberapa bagian yang membuat kabin mobil ini menjadi lebih mewah. Konfigurasi kursinya 7-seater dengan baris kedua yang memakai captain seat yang turut menunjang sisi kemewahan. Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna kursi baris depan dapat diatur secara elektronik.

Wuling menyematkan mesin 4-silinder berkapasitas 1,5 liter dengan turbocharger buatan Honeywell.

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga sebesar 140 hp pada putaran 5.200 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 250 Nm pada rentang 1.600 – 3.600 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT 8-percepatan dan sistem penggerak roda depan.

Baca juga: Detail Wuling Almaz 2019, SUV Pertama Wuling

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia menjelaskan platform power transmisi Cortez CT merupakan pengembangan dari mesin Almaz, lantaran karakteristik Cortez CT berbeda dengan Almaz.

Mesin tersebut dikembangkan menyesuaikan karakteristik Cortez CT. Engine transmisi CVT sama dengan Almaz. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam hal tunning, kompensasi bobot kendaraan, body dan suspensi untuk karakter pengendalian.

Untuk perangkat penghenti laju Wuling Cortez CT memanfaatkan rem cakram di setiap roda yang memiliki ukuran 16 inci. Selain itu juga hadir fitur ABS, EBD dan BA untuk memaksimalkan fungsi pengereman mobil.

Lalu untuk fitur keselamatan hadir rem parkir elektrik dengan Auto Hold. Fitur Automatic Vehicle Holding (AVH) pada mobil ini cukup menarik perhatian. Fitur ini diketahui bekerja saat mobil direm.

Ketika berada di jalan menanjak dan mobil dihentikan, fitur tersebut otomatis membuat mobil mengunci di posisi tersebut hingga kaki terangkat dari pedal rem. Fitur AVH akan nonaktif kembali setelah pengemudi menginjak pedal gas.

Juga disertakan fitur hill hold control, traction control system, electronic stability control dan dua airbag di depan ditambah airbag samping untuk baris depan. Fitur lain dari mobil MPV ini adalah tire pressure monitoring system (TPMS) yang tujuannya untuk memonitor kondisi angin pada ban.

Selain itu juga terdapat pengingat sabuk keselamatan, dua sensor di depan, empat sensor parkir belakang, kamera parkir mundur, ISOFIX, immobilizer dan alarm antimaling. Sementara untuk urusan performa dan pengendalian Wuling Cortez CT dilengkapi dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi independen di belakang.

Masih ada tawaran fitur lainnya. Cortez CT sudah dilengkapi dengan fitur smart key (keyless) dan tombol untuk menghidupkan maupun mematikan mesin. Dari remote itu pengguna juga dapat membuka semua jendela (untuk membuang hawa panas saat parkir lama), pintu belakang dan juga sun roof. Wuling juga menyematkan penyejuk kabin otomatis (climate control) dengan pengatur digital).

Sedangkan fitur penunjang hiburan ada layar sentuh berukuran 8 inci dengan dukungan banyak konektivitas. Ada port USB, Bluetooth, SD card dan Mirror Link. Juga terdapat sistem navigasi yang hadir sebagai sistem bawaan. Sistem audio dapat diakses lewat tombol palang kemudi yang aman dan praktis.

Mobil ini juga dilengkapi dengan port USB di baris 1 ampai 3 untuk mengisi daya gadget penumpang.

Walaupun sudah resmi dirilis, belum diumumkan berapa harga Wuling Cortez CT. Akan tetapi diprediksi harga mobil Wuling terbaru ini tidak sampai Rp 300 juta. Sebagai informasi tambahan, harga Wuling Cortez L Lux Plus I-AMT yang menjadi varian tertinggi sebelumnya dipatok Rp 266 juta. Informasi harga resmi Cortez CT rencananya akan diumuman pada IIMS 2019 mendatang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply