Home Modifikasi Mobil Tips Modifikasi Mobil Bernuansa Balap, Harus Sesuai Pakemnya

Tips Modifikasi Mobil Bernuansa Balap, Harus Sesuai Pakemnya

0 2115

Tips Modifikasi Tampilan Mobil Balap, Bagi pecinta mobil, tentu ingin kendaraan kesayangannya tampil menawan dan menarik. Tak jarang pemilik mobil merubah tampilan kendaraannya, mulai dari desain bodi hingga aksesori. Beberapa diantaranya bahkan meniru gaya mobil balap agar tampak garang dan membanggakan pemiliknya.

“Tetap harus ada pakemnya. Tema antara interior dengan eksterior kudu sama, tidak terlalu ekstrem alias aman dan fungsional buat harian,” papar Inge dari toko Lucky Star, Sentra Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.

Di samping merek, bahan dan harga juga tidak boleh dipandang sebelah mata. “Lebih mengutamakan segi fungsional dan nilai safety-nya. Selanjutnya baru segi estetika dan fashion. Jadi enggak asal belanja,” kata Handoko, dari toko Graha Sakti ITC Duta Mas, Jaksel.

Tips Modifikasi Mobil 1

Biasanya, komponen interior yang banyak dicari adalah shift knob, setir, pedal cover, turbo timer, spidometer tambahan jok dan safety belt. Ada juga cover kaliper rem, tutup oli, tutup radiator dan tutup tabung minyak rem.

Beragam merek aksesori tersedia di toko, seperti Momo, TRD, Mugen, Sparco, Spoon, Nardi, Nakata, Pivot, Endless, Brembo, Bride dan lainnya.

“Asyiknya, ada alternatif lain buat yang financial-nya kurang memadai, bisa pakai versi second line atau replika. Perbedaannya hanya di bahan dan harga. Gampangnya, yang asli dibungkus kulit asli, yang aftermarket semi kulit. Sekilas agak mirip dengan yang asli, tapi kalau dilihat secara detail ada bedanya, tentunya harga enggak bisa bohong,” jelasnya.

Jika ingin berniat melakukan modifikasi, bisa melihat daftar harga di bawah ini sebagai perbandingan. Untuk yang asli bisa lebih dari Rp 350 ribu, sementara aftermarket-nya dibanderol di bawah Rp 300 ribu.

Shift knob harganya sekitar Rp 125-350 Ribu, cover kaliper rem Rp 100-300 ribu, spidometer tambahan Rp 210-750 ribu, safety belt Nakata 4 titik Rp 530 ribu, dan turbo timer Rp 280-750 ribu. Sementara tutup radiator, tutup tabung minyak rem, tutup oli dijual mulai Rp 100-350 ribu. Jok bisa menggunakan Recaro elektrik Rp 5-10 juta, atau bucket seat Rp 8-20 juta.

“Kalau yang elektrik pasti original, sedangkan nonelektrik banyak yang replica,” ujar Handoko.

Source: tips, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply