Home Motor Motor Gede Cara Mengendarai Moge Yang Tepat dan Benar

Cara Mengendarai Moge Yang Tepat dan Benar

0 2305

Cara Naik Moge atau Motor Gede, Mengendarai motor gede tidak bisa disamakan dengan mengendarai motor biasa. Ada teknik-teknik yang harus dilakukan agar pengendara bisa mengendalikan moge yang ditungganginya.

“Tekniknya itu kita jangan ngelawan motor. Kita harus menyatu sama motornya. Biar lebih enjoy, jangan kaku,” kata Sudarmono, pebalap Indonesia asal Gunungkidul, pada acara Track Day Komunitas Yamaha R-Series di Sentul, Sabtu (04/10/2014).

Memacu moge dalam kecepatan tinggi sudah pasti membuat adrenalin juga terpacu kencang. Oleh sebab itu, Sudarmono berpendapat konsentrasi saat berkendara dengan moge harus diperhatikan baik-baik.

Selain itu, pengendara harus menggunakan safety gear yang lengkap, mulai dari kepala hingga ujung kaki. “Yang pasti harus ada perlengkapan standar. Komplit dari helm sampai sepatu,” kata pria yang akrab disapa Momon.

Tips Mengendarai Moge 2

Pengendara wajib memastikan bahwa moge yang akan dikendarai dalam keadaan yang baik. Di samping itu pengenalan motor merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Menurut Momon, motor gede memerlukan ban dengan cengkeraman ke aspal yang baik. Perlu diketahui bahwa setiap ban memiliki panas ideal yang tidak sama. Suhu ban motor harus disesuaikan agar pengendara tidak terpeleset dalam perjalanan.

Untuk menyesuaikan suhu ban, disarankan memanaskan suhu ban terlebih dahulu sebelum memacu moge dalam kecepatan maksimal. Caranya dengan memacu kendaraan dalam kecepatan rendah, setelah beberapa menit, moge baru bisa diajak lari kencang.

Agar pengendara merasa nyaman selama perjalanan, posisi badan juga harus tepat. “Posisi motor, setang dan posisi tubuh harus sempurna,” kata Momon.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply