Home Motor Baca Tips Terhindar Dari Kecelakaan Motor Berikut Ini!

Baca Tips Terhindar Dari Kecelakaan Motor Berikut Ini!

0 1155

Mengemudi Motor Dengan Baik dan Benar, Bukan merupakan rahasia lagi bahwa sepeda motor merupakan penyumbang angka kematian akibat kecelakaan terbesar. Hal tersebut terjadi lantaran kurangnya wawasan pengemudi tentang tata tertib berkendara, sebelum maupun sesudah berkendara.

Berikut ini Aldea Hendry, instruktur Honda dari dealer Honda PT Daya Adi Cipta Mustika yang mengikuti The 15th Safety Japan Instructors Competition 2014 di Jepang akan memaparkan tips untuk pengendara motor.

“Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan setiap pengendara sebelum berkendara. Karena setiap pengendara juga harus mengetahui 3 faktor penyebab kecelakaan,” ungkapnya.

Tips Berkendara Dengan Motor 1

Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Kesehatan fisik dan mental
Disarankan melakukan pemanasan sebelum berkendara, serta menjaga kebugaran fisik dengan olah raga setiap hari. Perlu diingat, pengendara motor tidak boleh melakukan perjalanan jika sedang dalam pengaruh obat-obatan.

2. Persiapkan kendaraan dengan baik
Periksa keadaan motor yang hendak dibawa, meliputi bensin, lampu-lampu kendaraan, tekanan ban, serta baut-baut kendaraan harus kencang semua.

3. Siapkan perlengkapan diri
Perlengkapan diri seperti helm, sarung tangan full hingga jari, jaket lengan panjang yang tebal dan sepatu di atas mata kaki perlu dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut penjelasan Aldea, hampir 80 persen kecelakaan kendaraan roda dua disebabkan oleh faktor pengendara sendiri. Di samping itu, faktor lingkungan seperti bencana alam juga merupakan penyebab kecelakaan. Faktor yang terakhir disebabkan oleh keadaan motor yang tidak memadai. Biasanya hal ini bisa terjadi karena kendaraan yang jarang diservis secara berkala.

Source: motor beat, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply