Home Auto News 3 Langkah Melakukan Pengecekan Kondisi Ban Mobil

3 Langkah Melakukan Pengecekan Kondisi Ban Mobil

0 1315

Tips Memeriksa Keadaan Ban Mobil, Sering kali pengendara tidak terlalu menghiraukan kondisi ban kendaraannya. Padahal ban adalah perangkat penting dalam sebuah kendaraan.

Di Inggris, salah satu lembaga yang berkecimpung di bidang ban mengajak pengguna mobil, terutama dari kalangan mahasiswa untuk memeriksa keadaan ban.

Berdasarkan survey yang diadakan, pengendara mobil tidak pernah melakukan pengecekan terhadap ban, entah itu kedalaman maupun tekanan ban. Hanya 1 dari 4 responden yang mengaku baru mengecek kondisi ban pada 1 bulan yang lalu.

“Menjadi seorang pengemudi yang aman bukan hanya bisa mengatur kecepatan dan mengabaikan ponsel Anda. Ada juga sejumlah tanggung jawab penting lainnya seperti memeriksa rutin dan melakukan perawatan dasar pada ban mobil anda,” kata Jackson, Ketua TyreSafe.

Tips Memeriksa Kondisi Ban 2

Sebelum pengguna melakukan perjalanan dengan mobil, TyreSafe menyarankan untuk melakukan 3 hal pengecekan mobil, antara lain:

  1. Memeriksa tekanan ban pada mobil dan menyesuaikan tekanannya dengan rekomendasi dari pabrikan mobil. Pada umumnya ukuran tekanan ban yang dianjurkan oleh pabrik tertera di buku manual atau di bagian pintu mobil.
  2. Lakukan pemeriksaan ketebalan ban kendaraan. Normalnya ketebalan ban minimum mencapai 1,6 mm. Cara memastikannya, gunakan koin dan masukkan ke dalam garis ban. Apabila koin tersebut masuk maka kedalaman tapak ban masih baik.
  3. Periksa ban secara keseluruhan meliputi ada atau tidaknya benjolan, apakah ada kawat ban yang keluar, begitu seterusnya hingga dipastikan ban tersebut masih layak digunakan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply