Home Modifikasi Mobil Tips Modifikasi Pelek Mobil Toyota Avanza Lebih Sporty!

Tips Modifikasi Pelek Mobil Toyota Avanza Lebih Sporty!

0 5450

Modifikasi Pelek Toyota Avanza, Jika pemilik mobil ingin mengubah penampilan kendaraannya agar terlihat lebih stylish, pada umumnya sang pemilik akan mengganti bagian peleknya. Selain mudah diubah, tampilan mobil pun tampak lebih menawan. Hal tersebut berlaku untuk segala jenis mobil penumpang, tak terkecuali Toyota Avanza.

Kendati demikian, pemilihan pelek tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti penyesuaian ukuran agar tidak mengurangi nilai keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

“Prinsipnya, jangan mengorbankan kenyamanan hanya demi mendapatkan visual yang apik. Keduanya harus tetap diperhitungkan agar fungsionalitas kendaraan tetap terjaga,” jelas Bambang Sudyanto, salah satu pengguna Avanza Velos yang mengganti peleknya dengan model racing.

Menurut Amar, Pimpinan pusat bengkel khusus pelek dan ban Mdm di Jakarta Selatan, ada rumus khusus jika ingin mengganti pelek dan ban. Rombakan boleh dilakukan dengan batas maksimal tiga tingkat dari ukuran pelek bawaan pabrik (OEM).

Tips Modifikasi Pelek Toyota Avanza 2

“Sebenarnya, standar itu boleh naik 2 tingkat, tapi, masih bisa naik 3 tingkat, tapi wajib ada penyesuaian lagi di bagian kaki-kaki,” papar Amar.

Sebagai contoh, Toyota Avanza terbaru menggunakan pelek standar bawaan pabrik yang berdiameter 14 inchi. Apabila ingin menaikkan pelek menjadi 15 inchi, menggunakan ban berukuran 185/65. Sedangkan pelek berukuran 16 inchi, ban yang digunakan berukuran 205/55. Jika ingin menggunakan pelek 17 inchi, yang digunakan adalah ban 205/50 atau 215/45.

“Ingat, semakin besar pelek, otomatis ban yang digunakan semakin tipis ketebalannya. Hal tersebut akan mengurangi kenyamanan karena efek penyerap benturan dari ban berkuran dan hanya mengandalkan sok,” ungkap Amar.

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa pemilik mobil mengubah kaki-kaki kendaraannya. Salah satunya mengganti per bawaan dengan karakter ayunan yang lebih kaku. Tujuannya, dengan beban pelek dan ban yang lebih besar, otomatis memerlukan daya kejut yang lebih keras. Amar menyarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak bengkel sebelum mengganti pelek.

Source: modif avanza, modifikasi toyota avanza, mobil avanza, toyota avanza, avanza modifikasi sport, modifikasi avanza 2014, all new avanza modifikasi velg, foto modif mobil new avanza, modifikasi avanza masih standar bawaan dealer, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply