Home Auto News Tips Mencuci Helm Yang Baik dan Benar

Tips Mencuci Helm Yang Baik dan Benar

0 1288

Tips Membersihkan Helm, Helm memiliki kesamaan dengan pakaian, setelah beberapa kali digunakan helm juga butuh dicuci. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang menempel di bagian dalam helm bisa dihilangkan. Di samping itu, bau apek dan keringat yang muncul tentunya membuat pengguna merasa tidak nyaman, sehinga perlu dicuci agar bebas dari bau tak sedap.

Kebanyakan orang yang sibuk dan tidak mau repot akan membawa helmnya ke tempat pencucian helm. Bermodal uang Rp 10-20 ribu saja helm akan bersih dan wangi. Akan tetapi, jika Anda ingin mandiri dan menghemat pengeluaran, berikut adalah beberapa langkah untuk mencuci helm.

Pertama-tama, siapkan wadah yang berukuran lebih besar dari helm. Lepas visor dan bagian-bagian lain dalam helm yang bisa dilepas. Cuci semua bagian tersebut secara terpisah.

Tips Mencuci Helm 2

Setelah itu, rendam helm secara menyeluruh dalam wadah tersebut dan tuangkan deterjen secukupnya. Pastikan semua bagian helm terendam dan terkena deterjen, lalu diamkan sekitar 10-15 menit.

Bersihkan bagian mika helm dengan tangan secara perlahan agar tidak baret. Jika sudah selesai, sikat bagian dalam helm secara perlahan dan bilas bagian tersebut hingga bersih. Sebelum dijemur, Anda bisa menuangkan pewangi cair ke bagian dalam helm. Sesudah itu diamkan beberapa menit, kemudian jemur.

Menjemur helm bisa dilakukan di tempat yang terkena sinar matahari langsung maupun memanfaatkan kipas angin atau hair dryer. Biarkan hingga helm kering seluruhnya, setelah itu baru Anda bisa menggunakannya kembali.

Source:

Dendy Santoso, pria lulusan sekolah jurnalistik di Jakarta, menekuni wartawan fotografi sejak 2005 di kantor berita nasional. Dendy lalu bergabung sebagai fotografer majalah otomotif internasional berbahasa Indonesia pada 2010.

Leave a Reply