Home Modifikasi Mobil Cara Membersihkan Filter Solar dari Sedimen Air

Cara Membersihkan Filter Solar dari Sedimen Air

0 3357

Cara Membuang Air Pada Filter Solar, Masalah yang paling sering ditemui pada mobil diesel adalah adanya sedimen air di filter solar. Hal ini bisa terjadi sebab kualitas solar yang tak selalu baik, sehingga ada kalanya solar tercampur dengan air. Oleh karena itu setiap mobil bermesin diesel selalu dilengkapi dengan filter solar.

Filter solar yang disematkan itu dilengkapi dengan water separator. Tujuannya untuk menjaring kandungan air yang ada di dalam solar. Agar mesin dapat bekerja dengan baik, kandungan air harus selalu diperhatikan.

Itulah mengapa setiap mobil berjantung pacu diesel dibekali dengan indikator yang terdapat di panel instrumen. Indikator tersebut berfungsi untuk menunjukkan kondisi separator mobil. Jika kandungan air sudah banyak, maka air tersebut harus dibuang.

Sama halnya dengan mobil New Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Bahkan tips dan cara membersihkan filter tersebut diletakkan di bagian sunvisor pengemudi.

Tips Buang Sedimen Air di Filter Solar 2

Pada bagian tersebut dijelaskan filter harus dibersihkan saat indikator water separator berkedip-kedip. Hal ini menandakan jumlah air yang terdapat pada saringan bahan bakar telah berada pada tingkat maksimum yang ditentukan. Filter solar ini terletak di ruang mesin, tepatnya di bagian kiri, di belakang aki.

Jika filter tidak terlalu kotor, tidak perlu diganti. Cukup dengan membersihkan sedimen air yang ada di dalamnya. Caranya, buka plastik penutup lubang pembuangan di bawah filter. Pada Kijang Innova, tutup tersebut berwarna kuning seperti penutup lubang pembuangan radiator. Buka lalu keluarkan seluruh air dan solar yang tersimpan di dalamnya hingga tak tersisa.

Setelah itu, buang angin melalui pompa tangan dengan cara menekan beberapa kali. Lakukan langkah tersebut sampai keluar cairan solar murni tanpa air. Jika sudah selesai tutup kembali pembuangan filter. Nyalakan mesin mobil dan periksa pembuangan filter untuk menghindari kebocoran bahan bakar.

Source: cara mengganti filter solar l300, cara membersihkan filter solar l300, cara membersihkan filter solar, cara membersihkan filter solar fortuner, cara cuci saringan solar mbil iluks doubel cabin, cara memperbaiki filter solar, cara menguras filter solar, cara mengganti saringan bahan bakar dyna, kenapa air di dalam water sedimenter harus dibuang, gambar filter solar, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply