Home Mobil Tips Merawat Ban Mobil Yang Baik dan Benar

Tips Merawat Ban Mobil Yang Baik dan Benar

0 1383

Langkah-Langkah Merawat Ban Mobil, Ban merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan, seperti motor dan mobil. Maka bukan suatu hal yang aneh jika bagian tersebut membutuhkan perawatan lebih supaya performa tetap terjaga dan tidak meledak saat melintasi jalan raya.

Iwan Indrawan, Technical Service Dunlop memaparkan sejumlah tips mudah untuk merawat ban agar panjang umur. Menurut Iwan, pemilik kendaraan diharuskan memeriksa tekanan angin pada ban mobil sesuai dengan rekomendasi dan ukuran, yaitu 26-35 psi (mobil penumpang).

Iwan menuturkan, dengan tekanan angin yang memadai, bidang kontak ban menjadi lebih baik dan merata, sehingga membuat ban lebih awet. Apabila tekanan angin tidak menyeluruh, ban akan cepat terkikis sehingga mengakibatkan ban aus bahkan pecah.

“Ban itu salah satu nyawa mobil, karena bagian dari penyangga beban. Kalau angin kurang atau berlebih tentu akan bermasalah. Maka itu wajib dijaga,” jelas Iwan.

Tips Merawat Ban Mobil 2

Di samping tekanan angin, pemilik kendaraan diwajibkan melakukan uji spooring dan balancing setiap dua minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk melihat kesesuaian roda dan putaran roda pada titik yang sama, mengingat kondisi jalanan di Tanah Air yang tidak sama. Pada umumnya, tekanan ban selalu berkurang 2 hingga 3 psi setiap menempuh jarak 5.000 km.

“Lalu, pengemudi juga wajib menjaga perilakunya saat berkendara, seperti tidak ugal-ugalan atau rajin ngebut. Karena bawa mobil dengan keceatan tinggi dapat memperpendek usia ban,” jelasnya.

Pengendara juga disarankan untuk tidak melakukan rem mendadak dan mengurangi bobot berlebih yang dapat menambah beban pada kendaraan.

“Mengemudi sebaiknya yang wajar-wajar saja. Mengemudi dengan perilaku tidak ngebut akan menjaga kantong tidak boros,” ujarnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply