Home Mobil Tips Tepat Membedakan Busi Asli dan Palsu

Tips Tepat Membedakan Busi Asli dan Palsu

0 1337

Cara Cermat Membedakan Busi Palsu Imitasi, Pada kendaraan berbahan bakar bensin, busi merupakan komponen penting yang tak terpisahkan. Komponen ini sering dijuluki dengan nama bunga api listrik. Busi memiliki fungsi utama untuk membakar campuran bensin dan udara untuk mendorong piston.

Busi yang memiliki kualitas bagus akan menghasilkan api pembakaran yang fokus sehingga dapat bekerja secara maksimal. Akan tetapi, banyak busi asli tapi palsu atau aspal yang beredar di pasaran. Jika tidak dicermati betul-betul, hal ini dapat merugikan konsumen.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, berikut cara membedakan antara busi asli dengan busi palsu yang dipaparkan oleh produsen busi asal Negeri Bunga Sakura, NGK.

Mengenali Busi Asli dan Palsu 2

“Pada terminal nut tempat ujung busi yang terhubung dengan cangklong, busi asli memiliki ulir yang lebih halus dan rapi ketimbang busi palsu. Sementara itu, pada busi yang imitasi tulisannya hitam, dan posisinya tidak rapi,” jelas Agus Tan, General Manger Marketing, NGK Indonesia.

Selain itu, gasket pada busi asli sangat susah untuk dilepas. Jika terlepas pada umumnya tidak dapat dipasang kembali seperti semula. Sementara busi palsu biasanya longgar, serta dapat dilepas dan dipasang.

Metal shell pada busi asli terbuat dari bahan besi baja yang memiliki ketahanan terhadap panas, korosi serta memiliki warna yang lebih cerah dan tidak pudar. Sedangkan busi imitasi, biasanya tampak buram dan rentan berkarat.

“Konstruksi ujung elektroda, gap dan sambungan pada busi asli sangat rapi, sedangkan untuk busi imitasi tak rapi,” pungkas Agus.

Source: nut busi dilepas 2t, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply