Home Motor Motor Matic 3 Tips Untuk Memperpanjang Usia V-Belt Motor Matik

3 Tips Untuk Memperpanjang Usia V-Belt Motor Matik

0 4186

Tips Merawat V-Belt Motor Matik Lebih Awet, Masalah yang kerap menghantui para pengguna skuter matik adalah putusnya v-belt yang menghubungkan mesin dan roda. Walaupun ada batas usia pakai, hal tersebut tidak bisa dijadikan tolok ukur lantaran pemakaian setiap orang berbeda-beda.

Menurut Muhammad Robiansyah, Mekanik AHASS Bintang Motor, Jakarta Timur, v-belt harus selalu diperiksa saat servis rutin 2.000-5.000 km.

“Umur maksimal kalau dari teori bisa 24.000 km. Tapi banyak yang putus lebih cepat karena pemakaian yang tidak tepat,” terangnya.

Ada langkah-langkah yang membuat umur v-belt lebih lama, walau tetap dianjurkan untuk mengikuti jadwal yang ditetapkan untuk penggantian. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Tips Agar V-belt Panjang Umur 2

  1. Memberi cairan khusus pada v-belt agar membuatnya tidak mudah getas dan semakin lengket. Cairan ini diaplikasikan di pinggir v-belt, bukan di bagian tengah gerigi. Cairan khusus ini bisa dibeli dipasaran dengan harga sekitar Rp 35 ribu.
  2. Hindari memakai aksesoris racing, karena komponen yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan komponen lain rusak.
  3. Jadilah pengendara yang sopan, usahakan memacu kendaraan secara pelan dan tidak memutar handel gas tiba-tiba. Hal ini dapat memperpanjang usia v-belt.

“Pemakaian normal saja, tidak perlu gas mendadak. Atau banyak tuh yang suka memutar-mutar handel gas saat berhenti. Kalau sepeda motor laku nggak papa, karena kopling manual. Kalau skutik digas sedikit v-belt mengencang dan menggerakkan roda belakang,” papar Robi.

Source: cara fan bel bisa awet, cara memasang panbel mio fino yang baik dan benar, cara merawat panbel jadi awet, cara merawat streng pd motor beat, dampak tidak ganti v belt, Penyebab pan bel motor beat selalu putus, usia pakai vbelt mtic, 

Dendy Santoso, pria lulusan sekolah jurnalistik di Jakarta, menekuni wartawan fotografi sejak 2005 di kantor berita nasional. Dendy lalu bergabung sebagai fotografer majalah otomotif internasional berbahasa Indonesia pada 2010.

Leave a Reply