Home Mobil Tips Mengetahui dan Menghindari Kebocoran AC Mobil

Tips Mengetahui dan Menghindari Kebocoran AC Mobil

0 1825

Ciri Kebocoran Gas Karbon pada AC Mobil, Kasus kematian ketika korban sedang beristirahat di dalam mobil banyak diberitakan di media massa. Hal tersebut terjadi karena keracunan gas CO (karbonmonoksida) yang disebabkan bocornya saluran AC. oleh karena itu pemilik kendaraan harus rajin memeriksa kondisi AC mobilnya agar hal tersebut tidak terjadi.

“Biasanya kebocoran itu karena jarang dirawat dan pemilik masih merasa AC-nya dingin. Seharusnya selain mengecek freon, cek oli di dalam kompresor, kadang suka membeku. Mendeteksinya memang agak susah, selang bocor itu biasanya karena meledak, tapi ledakannya tanpa suara,” kata Abu, pemilik sekaligus teknisi bengkel spesialis AC mobil di Pasar Mobil Kemayoran.

Pada umumnya kebocoran AC pada mobil diakibatkan oleh rapuhnya ekspansi AC. Usia ekspansi hanya berkisar satu tahun saja, jika lebih dari itu beresiko rapuh dan dapat menyebabkan kebocoran pada selang.

Kendati demikian, pengguna mobil masih bisa mengetahui ciri saluran AC yang bocor. Abu menjelaskan, tercium aroma yamg menyengat seperti bau gas elpiji. Selain itu terkadang timbul suara berisik dari AC. Jika hal ini terjadi, dianjurkan untuk segera mematikan AC dan membuka kaca mobil apabila sedang tidak berkendara.

Tips Mengetahui Kebocoran AC Mobil 2

“Bila terjadi kebocoran, lebih berbahaya saat mobil berhenti dibanding saat berjalan. Karena saat posisi berjalan,masih ada sirkulasi udara yang berputar. Kalau berhenti, gas karbon itu akan terkurung di dalam kabin saja,” jelas Abu.

Selain itu Abu berpendapat, kebocoran gas karbon yang masuk ke dalam kabin mobil bukan bersumber dari knalpot.

“Tidak ada hubungannya dengan knalpot. Yang mematikan itu hanya dari AC. Selang AC bocor, baunya (gas karbon) k dalam, gas karbon terhirup, ini yang menyebabkan kematian. Kecuali memanaskan mobil di dalam garasi yang tertutup rapat, gas buang dari knalpot tidak bisa keluar ruangan dan terhirup,” papar Abu.

Pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau servis AC mobil secara teratur, paling tidak setiap enam bulan sekali.

Source: bocor gas dalam mobil box, indicator kebocoran gas CO mobil, mobil bau gas elpiji, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply