Home Motor Motor Matic Cara Tepat Merawat Aki pada Motor Matik

Cara Tepat Merawat Aki pada Motor Matik

0 1610

Tips Memelihara Aki Motor Matik, Terdapatnya fitur starter elektrik pada motor dapat memberikan kemudahan bagi pengendara, terutama pengguna motor matik. Akan tetapi, hal ini dapat memperpendek usia aki yang dampaknya dapat merusak sistem kelistrikan.

Muhammad Robiansyah, mekanik AHASS Bintang Motor Buaran, Jakarta Timur menerangkan, penggunaan electric starter, terutama waktu pagi hari saat mesin akan dihidupkan pertama kali, justru dapat mengakibatkan kerusakan pada kelistrikan.

“Tandanya, lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) menyala panjang lima kali dan berkedip pendek dua kali. Mesin tidak bisa menyala, bahkan arus ke bagian speedometer tak sampai. Menggerakkan jarum speedometer saja tidak akan bisa,” jelas Robi.

Robi menambahkan, baterai motor memiliki tegangan awal sebesar 12,35 volt. Apabila saat pagi hari digunakan untuk starter elektrik, tegangan bisa turun hingga 9 volt, mengambil listrik cadangan pengisian.

Tips Memelihara Aki Motor Matik 2

“Beda kalau diengkol. Mesin menyala, lalu dipakai. Dan untuk menyalakan kembali, tegangan tidak turun drastis dan menguras cadangan pengisian karena hanya butuh 10,5 hingga 11 volt. Ini yang bikin aki awet,” jelasnya.

Robi memaparkan, walaupun aki drop, mesin tetap bisa hidup saat diengkol. Karena sistem kelistrikan untuk skutik menggunakan DC, bukan AC. Kendati demikian, bila diteruskan tanpa mengganti aki, kumparan generator akan bekerja dua kali lipat dan bisa menyebabkan gosong. Hal itu terjadi lantaran injektor bekerja tanpa dukungan listrik dari aki.

“Tegangan kumparan pengisian semakin diambil dan kualitasnya semakin berkurang. Itulah sebabnya, disarankan setiap padi untuk menyalakan mesin diengkol saja. Starter elektrik dipakai untuk penyalaan kedua,” jelas Robi.

Sekedar informasi, pada umumnya aki skutik dapat berumur tiga hingga lima tahun. Jika penggunaan tidak tepat, usia dapat berkurang tidak lebih dari dua tahun atau bahkan bisa mati dalam waktu beberapa bulan saja.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply