Home Mobil Tips Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli Mobil

Tips Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli Mobil

0 1506

Tips Mengetahui Keadaan Mesin Lewat Oli, Melihat kondisi mesin pada mobil tak semudah melihat kondisi fisik mobil. Untuk mengetahuinya bisa dengan cara mendengar suara atau melihat asap yang keluar. Namun hal tersebut belum dapat menggambarkan keadaan mesin sesungguhnya.

Ada cara lain yang bisa digunakan, yakni dengan melihat warna oli yang muncul saat dilakukan penggantian. Dengan cara ini dapat dicermati pula kemungkinan kerusakan mesin, terlebih pada bagian silinder kop.

Sebenarnya ada alat khusus yang dapat memeriksa oli mobil, sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat. Namun pastinya Anda diharuskan membawa mobil ke bengkel untuk melakukan hal itu. Alat untuk memeriksa mesin ini disebut dengan Silinder LeakageTester (SLT).

Cara Cermati Kondisi Mesin Mobil Lewat Warna Oli 1

Tapi tenang saja, bagi Anda yang ingin mengirit pengeluaran, ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan melihat warna oli pada silinder kop. Ada tiga kemungkinan jenis warna yang terlihat, antara lain coklat kekuning-kuningan, hitam dan putih pekat.

Apabila oli berwarna coklat kekuning-kuningan, itu tandanya mobil baru menempuh jarak 1.000-2.000 km. Pada jenis warna ini mobil masih dalam keadaan baik dan tidak terjadi kerusakan apapun.

Jika oli yang muncul berwarna hitam, ada dua hal yang mungkin terjadi pada mesin mobil. Pertama, mobil baru saja melakukan perjalanan yang sangat jauh. Kedua, oli pada mobil jarang diganti atau ada indikasi kerusakan pada mesin. Apabila ini terjadi, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

Sementara jika oli yang keluar berwarna putih, itu tandanya oli telah tercampur dengan air. Hal ini menandakan adanya kerusakan pada mesin mobil. Jika ini terjadi, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih besar.

Source: warna oli mobil yang baik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply