Home Mobil Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil / Motor

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil / Motor

0 1569

Langkah-Langkah Memanaskan Motor / Mobil, Agar dapat bekerja dengan baik, kendaraan harus diperlakukan dengan cara yang benar dan tepat. Salah satunya adalah saat hendak memanaskan mesin kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Kadang kala hal ini dianggap remeh oleh beberapa pengguna, padahal ada cara-cara tertentu untuk memanaskan mesin. Jika tidak dilakukan dengan benar, akan berdampak buruk pada tarikan kendaraan.

Berikut beberapa tips untuk memanaskan kendaraan:

1. Saat menyalakan mesin

Untuk jenis sepeda motor, sebelum memutar kunci ke posisi on, disarankan untuk menyela 2-3 kali menggunakan kick starter dalam keadaan kontak di posisi off. Fungsinya untuk memompa oli ke bagian silinder head. Sebab selama kendaraan tidak dipakai, oli turun ke bak penampungan sehingga tersisa sedikit di beberapa komponen.

Sementara untuk menyalakan mesin mobil, hanya perlu men-starter dan membiarkan mesin hidup selama beberapa saat sebelum mobil dikendarai.

Tips Memanaskan Kendaraan 2

2. Jangan injak pedal gas saat pemanasan

Hal ini harus dihindari saat melakukan pemanasan agar kinerja mesin tidak terbebani. Karena disaat itu pelumas akan mengalir ke seluruh komponen mesin. Jika hal tersebut dilakukan akan memperpendek umur mesin sehingga mudah rusak.

3. Jalankan mesin secara langsam

Pacu kendaraan secara pelan untuk beberapa waktu, agar mesin kendaraan panjang umur. Hindari untuk menjalankan kendaraan secara spontan. Memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi sesaat setelah dipanaskan dapat menyebabkan tarikan mesin melambat saat hendak dipacu dengan kecepatan tinggi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply