Home Mobil 8 Tips Mencuci Kaca Mobil yang Baik dan Benar

8 Tips Mencuci Kaca Mobil yang Baik dan Benar

0 1566

Cara Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil, Merupakan hal yang sangat lumrah jika mobil sering terpapar terik sinar matahari ataupun terkena air hujan yang datang silih berganti. Akan tetapi, hal ini rupanya menimbulkan masalah tersendiri pada kendaraan. Salah satu di antaranya adalah munculnya jamur pada kaca mobil.

Perlu diketahui, membersihkan bagian tersebut tidak hanya sebatas membuatnya bersih dan mengkilap saja, tetapi harus membuat kaca menjadi bening. Dengan begitu, pengemudi dapat melihat dengan jelas walau berkendara di malam hari sekalipun.

Pembersih kaca yang banyak dijual di pasaran pada umumnya mengandung ammonia, karena unggul dalam menghilakan jamur dan flek. Akan tetapi cairan tersebut tidak cocok dipakai pada beberapa mobil. Pembersih kaca tersebut tidak bisa digunakan pada tinted windows, karena hal itu malah membuat kaca semakin buram. Untuk melihat spesifikasi kaca mobil, dapat dilihat di sudut bagian bawah. Bisa juga dilihat pada label, ada atau tidak tulisan “ammonia free” atau “safe for tinted windows”.

Tips Hilangkan Jamur di Kaca Mobil 3

Berikut adalah cara menghilangkan jamur dan membersihkan kaca mobil:

  1. Bersihkan kaca dengan air bersih.
  2. Tempat cuci dan memoles kaca harus dilakukan di tempat yang terhindar dari panas matahari. Ini bertujuan agar cairan tidak cepat mengering yang pada akhirnya meninggalkan residu yang berpotensi menimbulkan flex pada permukaan kaca mobil.
  3. Untuk memperoleh hasil yang baik, pakai kain microfiber ketika memoles. Jika tidak ada, bisa memakai kain biasa.
  4. Gunakan obat untuk mengoles atau menyemprot bagian kaca yang hendak dibersihkan, kemudian usap dengan kain sampai tampak bening.
  5. Bilas daerah yang dibersihkan dengan air, lanjutkan hingga semua kaca dipoles dengan baik.
  6. Dalam melakukan pembersihan, dahulukan kaca depan, sebab bagian tersebut memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jika obat pemoles kaca menyentuh bodi mobil, cukup bilas permukaan dengan air agar tidak merusak cat.
  7. Jika belum mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi langkah-langkah di atas.
  8. Baca instruksi yang tertera pada pembersih kaca. Pada umumnya terdapat spesifikasi khusus yang harus diperhatikan walaupun biasanya semua merek memiliki langkah yang serupa.

Source:

Ayunda Devi adalah wartawan senior yang lama berkecimpung di surat kabar harian. Menjadi wartawan kriminal hingga politik pernah dijalaninya. Pada tahun 2008 Ayunda memutuskan diri untuk lebih spesifik menulis tentang otomotif dan teknologi.

Leave a Reply