Home Oto Guide 3 Penyebab Keluar Asap Tak Sedap pada Honda CBR250R

3 Penyebab Keluar Asap Tak Sedap pada Honda CBR250R

0 1339

Penyebab Bau Tidak Sedap Knalpot Honda CBR250R, Keberadaan motor sport di Tanah Air semakin diminati. Berbagai produsen motor saling berlomba menghadirkan motor sport guna memikat banyak konsumen. Salah satunya adalah Honda CBR250R yang dirilis pada bulan Mei 2014 lalu.

Akan tetapi ada masalah yang terkadang membayangi pengguna motor besutan automaker Jepang ini. Yaitu keluarnya asap beraroma tidak sedap saat motor dipanaskan. Ada beberapa penyebab yang merupakan akar dari permasalahan ini. Beberapa hal di antaranya yakni:

  1. Adanya uap air di bagian dalam knalpot. Hal ini bisa terjadi lantaran saat motor berhenti setelah menempuh perjalanan jauh, akan terjadi kelembaban udara di dalam knalpot. Sehingga pada saat motor dipanaskan di pagi hari, air tersebut terbakar oleh knalpot yang panas dan menimbulkan keluarnya asap hitam.
  2. Munculnya bau yang tidak sedap pada knalpot bisa disebabkan oleh bau katalitic converter yang berada di dalam knalpot. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar, terlebih saat kondisi motor diam.
  3. Kemungkinan lainnya adalah adanya air radiator yang bocor atau merembes yang terjadi di sekitar knalpot. Air radiator yang menetes dan menyentuh bagian knalpot hingga terbakar akan mengeluarkan aroma yang sangat tidak sedap. Akan tetapi, jika air radiator masih terlihat penuh dan kecilnya kemungkinan air tersebut merembes, ada baiknya dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Sekedar tambahan informasi, untuk memanaskan motor sebelum dikendarai hanya memerlukan waktu selama 3 menit atau maksimal 5 menit. Namun hal ini tidak wajib dilakukan pada motor berjenis injeksi. Anda bisa langsung menggunakan motor ber-injeksi untuk beraktivitas tanpa dipanaskan terlebih dahulu.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply