Home Mobil 3 Cara Tepat Mencegah Mobil Terbakar

3 Cara Tepat Mencegah Mobil Terbakar

0 1331

Langkah-Langkah Menghindari Mobil Terbakar, Beberapa masalah kerap menghantui pengguna kendaraan roda empat ketika melakukan perjalanan. Salah satunya adalah terbakarnya mobil di tengah perjalanan.

Hingga saat ini masih sering terdengar kasus seperti itu. Tentunya kejadian tersebut membuat para pengguna patut waspada dan meminimalisir hal itu agar tidak menimpa dirinya dan mobilnya. Terbakarnya mobil dikarenakan adanya 3 unsur pada kendaraan, yaitu komponen mudah terbakar, oksidasi dan suhu panas.

Oleh karena itu pemilik kendaraan harus benar-benar memperhatikan kondisi mobilnya. Ada beberapa tips untuk mencegah terbakarnya mobil, antara lain:

1. Periksa keadaan mobil
Sebelum berkendara, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil. Luangkan waktu 5 menit untuk melakukan pengecekan, yang meliputi pengecekan sekring kelistrikan, kondisi oli sampai tetesan tidak normal di bawah mobil seperti bensin dan oli. Apabila terdapat suatu masalah pada kendaraan, bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

2. Sediakan perlengkapan pertolongan saat kebakaran
Setiap mobil paling diwajibkan memiliki perlengkapan alat pemadam api ringan (APAR), palu pemecah kaca dan sarung tangan. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa APAR, karena umumnya alat ini hanya berfungsi dengan baik dalam jangka waktu beberapa bulan saja. Jika dirasa perlu, sediakan APAR yang dapat diisi ulang untuk menghemat pengeluaran. Letakkan alat ini di tempat yang mudah dijangkau, contohnya kolong bangku penumpang depan atau di bawah glove box.

3. Asuransi
Pastikan mobil milik Anda dilengkapi dengan asuransi yang menyediakan komponen pertanggungan akan kebakaran mobil. Karena terdapat beberapa perusahaan asuransi yang tidak menyertakan hal tersebut ke dalam polis pertanggungannya.

Source: content, 

Ayunda Devi adalah wartawan senior yang lama berkecimpung di surat kabar harian. Menjadi wartawan kriminal hingga politik pernah dijalaninya. Pada tahun 2008 Ayunda memutuskan diri untuk lebih spesifik menulis tentang otomotif dan teknologi.

Leave a Reply