Home Motor Motor Matic Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Motor Matic

Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Motor Matic

0 1697

Tips Irit BBM Motor Matik, Banyak jenis motor yang dipasarkan di Tanah Air, salah satunya adalah skuter matik atau biasa disebut skutik. Motor ini merupakan model yang tengah naik daun. Namun di balik kesuksesannya, tak sedikit yang beranggapan bahwa skutik boros bahan bakar. Hal tersebut tak selamanya benar, sebab dengan berkembangnya teknologi kini skutik telah dibekali dengan teknologi injeksi.

Penggunaan dan cara berkendara yang tepat akan membuat skutik lebih irit bahan bakar. Lain halnya jika skutik sering dipacu dengan kecepatan tinggi atau dipakai kebut-kebutan, bisa dipastikan kendaraan akan boros bahan bakar.

Tetapi tenang saja, ada beberapa cara mudah yang bisa dipraktekkan agar skutik hemat bahan bakar. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Tips Menghemat Bahan Bakar Skutik 2

1. Jangan panaskan mesin terlalu lama
Memanaskan mesin terlalu lama bisa membuat bensin terbuang percuma. Maka dari itu panaskan secukupnya. Hidupkan mesin dengan menekan tuas rem dan tombol elektrik starter. Disarankan menggunakan rem belakang ketika menghidupkan mesin dan hindari menarik tuas gas.

2. Jangan langsung menarik gas penuh
Hal ini disarankan sebab motor matik menggunakan pulley yang bertugas untuk menentukan rasio pada putaran mesin dan roda belakang. Berlatihlah mengemudi dengan kecepatan yang konstan, karena pulley depan dan belakang membesar dan mengecil selaras dengan perputaran gas.

3. Jangan menarik tuas rem mendadak
Lain halnya dengan motor bebek atau motor sport yang dapat mengurangi kecepatan dengan cara menurunkan gigi, skutik hanya mengandalkan rem depan dan belakang untuk mengurangi kecepatan. Jaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain yang ada di depan sehingga tidak perlu menarik tuas rem secara sering.

4. Menggunakan bensin ber-oktan tinggi
Disarankan untuk memakai bensin yang memiliki oktan di atas 90 semisal pertamax atau pertamax plus. Dengan begitu pembakaran yang terjadi di dalam mesin akan lebih sempurna.

5. Jangan membawa barang yang tidak perlu dibawa
Saat akan melakukan perjalanan, hindari membawa barang yang tidak dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar mesin tidak terlalu terbebani yang pada akhirnya berdampak pada konsumsi bahan bakar yang boros.

Source: Cara menghemat bensin motor matic saat perjalanan, cara menghemat motor matic sehemat mungkin, tips hemat bbm honda beat, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply