Home Mobil Bekas 5 Tips Sebelum Membeli Mobil atau Motor Bekas

5 Tips Sebelum Membeli Mobil atau Motor Bekas

0 1541

Tips Membeli Mobil dan Motor Bekas, Jika anda memiliki budget terbatas tentunya memilih untuk membeli kendaraan bekas adalah sebuah hal yang bijak. Tetapi bagi anda yang ingin membeli mobil atau motor bekas ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan pembayaran. Karena tidak sedikit kendaraan bekas yang ada di pasaran memiliki kondisi yang buruk, tetapi juga masih ada juga yang memiliki kondisi prima dan sangat layak pakai.

Biasanya kebanyakan orang orang hanya memperhatikan jarak tempuh dan penampilan dari luar seperti eksterior dan interior semata dan sudah memutuskan bahwa kendaraan tersebut layak dibeli. Sebenarnya ada hal penting lainnya seperti pengecekan kondisi mesin, suspensi, handling dan masih banyak lagi. Karena asumsi mereka dengan jarak tempuh yang minim berarti mobil jarang digunakan sehingga kemungkinan besar masih dalam kondisi sangat bagus.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil atau motor bekas? Simak beberapa tips di bawah ini:

1. Periksa Riwayat Kendaraan

Hal yang pertama dilakukan adalah memeriksa apakah mobil/motor yang ingin anda beli adalah hasil curanmor atau bukan. Bisa dilakukan dengan menanyakan kepada pihak kepolisian melalui pelat nomor, nomor mesin dan chassis. Dengan begitu anda dapat mengetuahui apakah mobil atau motor tersebut adalah hasil curanmor atau bukan. Selain itu perlu juga dicek tagiah pajak yang dimiliki oleh kendaraan.

2. Periksa Seluruh Kondisi Fisik Kendaraan

Anda sebagai pembeli jangan ragu untuk mengecek seluruh kondisi kendaraan yang akan anda beli secara menyeluruh. Bila memang tidak sesuai dengan apa yang sebelumnya ditawarkan oleh penjual anda berhak untuk meminta diperbaiki terlebih dahulu sesuai penawaran. Pastikan anda menyimpan keterangan saat kendaraan tersebut dijual sehingga bisa dijadikan bukti.

3. Test Drive

Pinjamlah mobil atau motor yang akan anda beli untuk melakukan test drive di jalan raya, jalan bebas hambatan dan jalan rusak. Rasakan dan amati apabila ada hal yang mencurigakan seperti suara-suara yang tidak semestinya. Jika anda merasa tidak nyaman atau kurang puas terhadap performanya maka lebih baik tinggalkan saja dan mencari kendaraan bekas lainnya.

4. Riwayat Servis di Bengkel Resmi

Cek riwayat servis ini cukup penting untuk mengetahui apakah mobil atau motor yang anda beli tersebut bekas kecelakaan, terkena banjir dan mendapatkan perawatannya secara berkala atau tidak.

5. Belilah di Dealer Resmi atau Terpercaya

Tips yang terakhir adalah pastikan anda membeli di dealer yang memiliki reputasi baik. Bisa juga dealer yang dipercaya secara langsung oleh APM (Agen Pemegan Merk) untuk meminimalisir tindak kejahatan penipuan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply