Home Oto Guide Tips Mengurangi Aquaplaning Ketika Berkendara di Tengah Hujan

Tips Mengurangi Aquaplaning Ketika Berkendara di Tengah Hujan

0 783

Cara Meminimalisir Aquaplaning Saat Berkendara, Dalam beberapa waktu ke depan, Tanah Air akan memasuki musim hujan. Jalanan yang basah dan genangan air akan menghiasi setiap sudut jalan saat hujan turun. Namun pada musim seperti itu, pengendara wajib waspada ketika berkendara di tengah guyuran hujan. Karena jalanan yang basah dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan, salah satu penyebabnya adalah aquaplaning.

Sekedar informasi, aquaplaning merupakan situasi di mana ban kendaraan tidak berpijak ke permukaan jalan secara langsung. Hal ini dapat terjadi lantaran ban terangkat oleh tekanan genangan air. Masalah yang terjadi adalah sulitnya mengendalikan kendaraan dan berpotensi tergelincir.

Aquaplaning dapat terjadi karena masalah yang sederhana, yakni tapak ban yang mulai menipis. Hal ini bisa mengurangi daya cengkeram ban saat pengendara bermanuver di jalanan yang basah.

Tips Menghindari Aquaplaning 1

Oleh karena itu, pengguna diharuskan untuk memeriksa kondisi kedalaman ban secara rutin. Cermati apakah tapak ban masih layak untuk digunakan atau tidak. Jangan lupa untuk mengecek kondisi tekanan udara ban.

Di samping itu, jika memutuskan untuk membeli ban baru, bandingkan tingkat daya cengkeram pada kondisi basah. Hal ini dapat dilihat pada rating di label ban.

Dengan memastikan keadaan kendaraan dalam kondisi yang baik, semakin membuat pengguna merasa aman dan nyaman selama melibas jalanan yang basah. Tetap patuhi rambu lalu lintas yang ada dan jadilah pengemudi yang sopan dalam berkendara.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply