Home Oto Guide Tips Mengetahui Keborosan Kendaraan Karena Ban

Tips Mengetahui Keborosan Kendaraan Karena Ban

0 890

Cara Mengenali Ban Pemicu Boros Bahan Bakar, Harga bahan bakar yang dikabarkan akan mengalami kenaikan membuat banyak pemilik kendaraan bermotor menjadi panik. Maklum saja, sepeda motor dan mobil telah menjadi alat transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat Tanah Air. Oleh karena itu banyak cara yang dilakukan oleh pemilik agar kendaraan miliknya hemat bahan bakar sehingga menghemat biaya.

Ban merupakan salah satu faktor penunjang kelancaran selama berkendara di jalanan. Tidak hanya itu, rupanya ban merupakan salah satu faktor yang membuat kendaraan boros bahan bakar. Apabila ban cukup berat berputar akan menyebabkan performa mesin bekerja semakin berat.

Hambatan gelinding ban, disebabkan oleh deformasi atau karena berubahnya bentuk permukaan ban. Salah satu penyebab berubahnya bentuk permukaan ban ini karena roda yang melalui bermacam-macam kontur jalan. Hal inilah yang membuat permukaan menjadi terkikis dan tidak rata.

Tips Ketahui Ban Penyebab Keborosan 1

Selain itu, ukuran permukaan telapak ban yang lebar dapat menyebabkan gesekan semakin kuat. Hal ini akan berimbas pada menurunnya performa mesin. Lantaran, di saat seperti ini mesin akan bekerja lebih berat saat melakukan putaran. Oleh sebab itu kendaraan akan mengkonsumsi bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

Salah satu penyebab lain yang membuat kendaraan boros bensin adalah kurangnya tekanan udara. Roda yang cenderung kempis membuat tekanan dan gesekan semakin membesar. Hal tersebut akan membuat jantung pacu semakin berat dan sangat membebani kinerja mesin.

Source: sepeda motor honda 2015, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply