Home Honda Modifikasi Honda CBR150R dengan Modal Rp 10 Jutaan

Modifikasi Honda CBR150R dengan Modal Rp 10 Jutaan

0 2195

Modifikasi Motor Sport Honda CBR150R, Sejak musim balap 2013, divisi motorsport AHM mulai menurunkan Honda CB150R di sirkuit. Pada tahun 2014 ini, giliran Honda CBR150R lokal yang mengusung DNA balap. Motor yang berkapasitas 150 cc, bersistem injeksi dan full fairing ini ditujukan untuk mengganti OMR CB150R.

Menurut Rizky Christianto, MS Technical Development Sr. Engineer Safety Riding & Motorsport Departement Marketing Planning & Analysis Division AHM, spesifikasi Honda CBR150R yang digunakan untuk balap trek Sentul memiliki dapur pacu standar.

Sejumlah ubahan dilakukan oleh pihak AHM meskipun tidak terlalu banyak. Kendati demikian, spesifikasi CBR150R terlebih di putaran mesin atas lebih baik dibandingkan CB150R. Untuk pemakaian balap, ECU standar tidak digunakan dan diganti dengan ECU aRacer tipe RC1 dari Taiwan. Konfigurasi ECU stand alone ini dibuat menyesuaikan dengan penggunaan knalpot WRX GP6.

Modifikasi Honda CBR150R 2

Berkat sejumlah ubahan tersebut, Honda CBR150R ini memiliki tenaga dan torsi yang naik merata dari putaran mesin bawah hingga atas.

“Ubahan yang boleh dibilang minimal ini, bisa membuat lap time-nya lebih baik dari yang biasa dicatatkan oleh CB150R,” ungkap Rizky.

Selain itu, dengan adanya overlap camshaft yang lebih optimal daripada Honda CB150R, membuat CBR150R memiliki karakter high speed yang lebih terasa gahar.

Untuk menunjang segi keamanan saat balap, ban diganti sesuai dengan spesifikasinya. Dipilih lah ban FDR Blaze yang menggantikan ban standar bawaan pabrik.

Ubahan komponen standar lainnya juga tampak pada footstep, slang rem dan cover lampu. Modifikasi yang dilakukan ini menelan biaya sekitar Rp 10 jutaan.

Spesifikasi motor modifikasi Honda CBR150R:

ECU : aRacer RC1
Footstep : Aftermarket
Slang rem : Aftermarket
Knalpot : WRX GP6
Ban : FDR

Source: cbr 150r, cbr150r 2015, ecu cbr 150 injeksi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply