Home Oto Guide Tips Memilih Oli Untuk Motor Sport yang Baik dan Benar

Tips Memilih Oli Untuk Motor Sport yang Baik dan Benar

0 1996

Langkah Tepat Memilih Oli Untuk Motor Sport, Pelumas mesin yang dijual di pasaran terdiri dari oli mineral, full sintetis dan semi sintetis. Oli mineral dibuat dengan bahan dasar minyak mineral murni yang disuling dan disempurnakan.

Sementara oli full sintetis dibuat dari bahan dasar Polyalphaolefin. Bahan ini adalah hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Dan yang terakhir, oli semi sintetis adalah perpaduan bahan dasar oli sintetis dan mineral atau sebaliknya yang ditujukan untuk memperoleh nilai ekonomis dari oli itu.

“Pada mesin motor yang memiliki kapasitas 250 cc ke atas dan produksinya dari 2001 ke atas, dianjurkan pakai oli full sintetis. Seperti produk Yamalube Super Sport dengan spesifikasi 10W-40 dan Full Synthetic,” papar Robby Sidarta, selaku Asisten Manager Promosi Spare Part dan Product Plan Yamalube Yamaha Indonesia.

Oli mineral yang dibanderol lebih murah, tentu tetap memiliki kekurangan. Oli mineral mempunyai struktur molekul yang tidak seimbang dan berpotensi memunculkan kerak. Selain itu, molekul yang tidak seimbang dapat menyebabkan gesekan antar komponen yang lebih besar.

Tips Pilih Oli Untuk Motor Sport 1

Mesin motor seperti Yamaha YZF-R25 yang memiliki kapasitas 250 cc, clearance antar part-nya cukup rapat dan bekerja dalam kecepatan tinggi. Oleh karenanya membutuhkan oli sintetis yang mampu melumasi dan melapisi logam lebih baik. Sehingga dapat mencegah terjadinya gesekan antar logam yang bisa merusak mesin,” jelas Robby.

Beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh oli sintetis adalah viskositas yang lebih stabil di suhu tinggi dan rendah, sehingga penguapan oli lebih rendah. Di samping itu oli sintetis sanggup menjaga performa motor saat melaju di putaran tinggi, termasuk saat pengendara memacu motornya dengan model stop and go.

Keunggulan lainnya adalah kemampuannya untuk mengendalikan atau mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin. Dengan sederet kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika oli sintetis lebih mahal daripada oli mineral.

Source: motor motor baru 2015, jenis oli untuk motor 250 cc, oli rekomendasi untuk ninja 250 fi, oli yang pas untuk Ninja 250 fi, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply