Home Oto Guide Tips Menghilangkan Bau pada Helm yang Baik dan Benar

Tips Menghilangkan Bau pada Helm yang Baik dan Benar

0 1344

Cara Mengusir Bau Tak Sedap pada Helm, Helm merupakan perlengkapan yang berfungsi sebagai pelindung kepala saat berkendara. Di Tanah Air, menggunakan helm merupakan hal wajib bagi pengendara sepeda motor.

Akan tetapi, ada kalanya timbul permasalahan pada helm yang sering digunakan. Seperti bau tidak sedap dan kaca yang berjamur. Hal ini tentunya tidak menyenangkan bagi pemakai.

Berdasarkan informasi yang dipaparkan Motoriders, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan helm:

  1. Jika helm tidak digunakan, bukalah kaca penutup, terutama helm berjenis full face. Hal ini dilakukan untuk menghindari tersimpannya udara pengap dan bau bekas keringat yang ada pada helm. Selain itu aroma tidak sedap akan muncul jika tak terkena sinar matahari dalam kurun waktu yang lama. Hawa panas yang ada di dalam helm akan mengendap pada lapisan busa sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Tips Hilangkan Bau pada Helm 2

  1. Ketika menyimpan helm, biarkan fungsi ventilasi dalam keadaan terbuka. Dengan begitu akan terjadi sirkulasi udara yang baik, sehingga bau sisa keringat dapat keluar karena menguap.
  2. Apabila helm baru saja digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, jemurlah di bawah sinar matahari. Hal ini bisa dilakukan setiap satu minggu sekali.
  3. Gunakan wangi-wangian saat helm tidak digunakan. Jika menggunakan minyak wangi, pilihlah yang mengandung kadar alkohol rendah. Tujuannya agar busa helm tidak cepat mengering dan kisut.
  4. Gunakan pasta pengkilap yang diaplikasikan pada bagian luar helm. Fungsinya untuk menjaga warna dan menghindari debu yang menempel.
  5. Jika memakai pewangi beralkohol tinggi, gunakan secara tepat dengan cara menyemprotkan sedikit dalam jarak yang cukup jauh. Jika kaca helm terkena semprotan, segera bersihkan bagian tersebut.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply