Home Oto Guide Kelebihan BBM Beroktan Tinggi Untuk Kendaraan

Kelebihan BBM Beroktan Tinggi Untuk Kendaraan

0 1053

Keuntungan Menggunakan BBM Oktan Tinggi, Menggunakan bahan bakar beroktan rendah untuk kendaraan pribadi merupakan tradisi yang merakyat di Tanah Air. Pada umumnya mobil dan motor yang dijual di Indonesia memang dirancang agar dapat mengkonsumsi BBM beroktan rendah. Namun hal ini bukan menjadi larangan jika pemilik kendaraan hendak mengisi tangki bahan bakar kendaraannya dengan BBM beroktan tinggi. Menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi membuat kinerja mesin lebih baik dan maksimal.

“Sebenarnya, pabrikan membuat mesin motor atau mobil sudah menetapkan tingkat kompresinya dan rekomendasi BBM-nya,” kata Endro Sutarno, instruktur Astra Honda Training Center.

Menggunakan BBM yang direkomendasikan memang membuat kendaraan tersebut bekerja secara baik. Kendati demikian, performa yang dihasilkan mesin akan lebih maksimal lagi jika menggunakan BBM oktan tinggi. “Performa yang didapat bisa mencapai performa yang sebenarnya atau maksimal,” jelas Endro.

Kelebihan Memakai BBM Oktan Tinggi 2

Hal senada juga dipaparkan oleh Slamet Kasianon, yang menjabat sebagai Supervisor Service & Education PT Yamaha Indonesia Motor manufacturing.

“Sebab, dengan oktan tinggi, BBM ini mampu menerima tekanan tinggi, sehingga bisa bekerja maksimal sesuai gerakan piston,” ujarnya.

Menurut Slamet dan Endro, BBM oktan tinggi mempunyai tingkat stabilitas oksidasi yang tinggi. Hal ini dimungkinkan karena BBM tersebut menggunakan zat aditif yang bertugas untuk memperkuat ikatan rantai molekul hidrokarbon.

“Jadi ikatan cabang molekulnya tidak mudah putus saat menerima tekanan kompresi yang tinggi. Sehingga pembakaran sempurna dan tenaga yang dihasilkan juga lebih maksimal,” ungkap Endro.

Sekedar informasi, beberapa zat yang terkandung di BBM oktan tinggi seperti Pertamax yakni aromatic, olefin dan benzene berkadar rendah.

Source: manfaat bbm oktan tinggi, untung rugi oktan tinggi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply