Home Oto Guide Pengaruh Tidak Pernah Mengisi BBM Penuh pada Mobil

Pengaruh Tidak Pernah Mengisi BBM Penuh pada Mobil

0 1587

Akibat Tidak Mengisi Bensin Full Tank, Bahan Bakar Minyak (BBM) telah menjadi kebutuhan mendasar bagi para pengguna sepeda motor maupun mobil. Akan tetapi semakin tingginya harga BBM membuat para pengguna mengisi bensin sekedarnya saja.

Namun tanpa disadari hal ini justru berdampak buruk bagi kendaraan. Sedikitnya jumlah bahan bakar yang ada, membuat pompa bahan bakar tidak terendam ketika mobil bermanuver semakin besar. Hal ini dapat mengakibatkan matinya mesin secara tiba-tiba karena terputusnya asupan bensin.

Tidak sampai di situ saja, tumpukan kotoran di dasar tangki bisa menjadi masalah tersendiri. Kotoran ini bisa berasal dari SPBU yang mempunyai tangki tanam yang kurang terawat.

Dampak Negatif Tidak Isi BBM Full Tank 1

Jika kotoran tersebut terhisap, dapat memperpendek usia filter bensin. Jika tidak segera ditangani, akan berdampak pada semakin beratnya kerja fuel pump sehingga menurunkan kemampuan menekan bahan bakar ke injector. Hal inilah yang mengakibatkan kendaraan menjadi boros bensin dan munculnya masalah pada fuel pump.

Masalah berikutnya adalah air di dalam tangki karena proses kondensasi. Hal ini bisa terjadi jika tangki minim bahan bakar, terutama pada tangki berbahan besi. Oleh karena itu saat ini pabrikan otomotif mulai memanfaatkan material plastik sebagai bahan dasar tangki bahan bakar untuk mengurangi terjadinya kondensasi.

“Dengan diamnya udara pada suatu ruang, maka akan terjadi kondensasi dan hasil kondensasi berupa uap air tersebut akan terdeposit dalam tangki,” papar Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Source: mengisi bahan bakar full tank, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply