Home Oto Guide Dampak Buruk Menggunakan Oli Bekas Untuk Melumasi Rantai

Dampak Buruk Menggunakan Oli Bekas Untuk Melumasi Rantai

0 1958

Akibat Menggunakan Oli Bekas Sebagai Pelumas Rantai, Tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Akan tetapi hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Menggunakan oli bekas sebagai pelumas dapat memperpendek umur rantai dan berpotensi memunculkan tumpukan kotoran di rantai.

“Kalau pakai oli bekas, tentu sangat tidak disarankan. Mengingat oli bekas itu memuat banyak residu dari sisa pembakaran dan kotoran yang terbuang dari dalam mesin,” kata Udin, Kepala mekanik bengkel Clara di Jakarta Barat.

Udin menambahkan, pelumas memang bermanfaat bagi rantai untuk mengurangi tingkat gesekan. Namun bila oli mengandung kotoran justru membuat gesekan antar komponen lebih besar. Di samping itu kotoran dan debu di jalanan bisa menempel dengan mudah lantaran sifatnya yang mudah menjaring debu.

Tips Memilih Pelumas Rantai 2

Menggunakan oli baru juga bukanlah keputusan yang tepat, mengingat oli tersebut tidak dibuat untuk melumasi rantai.

“Sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk rantai. Pelumas ini bisa membersihkan kotoran yang menempel di rantai motor, sekaligus membuangnya ketika rantai sedang berputar,” papar Udin.

Jika memperhatikan bentuk, cara kerja dan tingkat kekentalan oli memang berbeda dengan pelumas khusus rantai. Oli memiliki karakter seperti minyak kayu putih yang tidak lengket. Yang membedakannya, minyak kayu putih cepat menguap, sedangkan pelumas rantai tidak kering dengan cepat dan tetap memberikan pelumasan pada rantai. Kendati demikian pelumas tetap memiliki masa pakai. Apabila rantai tampak kotor lagi, itu tandanya perlu dilakukan penyemprotan kembali.

Source: pelumas rantai motor honda, minyak kayu putih pelumas, Pelumas, pelumas rantai motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply