Home Oto Guide Motor Injeksi Tidak Boleh Menggunakan Premium, Benarkah?

Motor Injeksi Tidak Boleh Menggunakan Premium, Benarkah?

0 1340

Tips Memilih BBM yang Tepat Untuk Motor Injeksi, Di Tanah Air motor dengan sistem injeksi sedang banyak digandrungi oleh masyarakat. Sistem injeksi memiliki teknologi yang baik dalam hal pencampuran udara sebelum dibakar dengan bensin. Itulah mengapa motor berinjeksi lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dibandingkan dengan motor bersistem karburator.

Di tengah naiknya popularitas motor injeksi, terselip mitos di kalangan masyarakat. Mitos yang beredar mengatakan, motor injeksi disarankan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, seperti pertamax.

Akan tetapi mitos ini tidak dibenarkan oleh Sarwono Edi, Technical Service Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Menurutnya motor injeksi tetap bisa mengkonsumsi bahan bakar berjenis premium. Kendati demikian, pengguna diharuskan memeriksa perbandingan kompresi.

Tips Pilih BBM Untuk Motor Injeksi 1

“Cek dahulu kompresi mesin motornya. Seperti motor Spacy perbandingan kompresinya adalah 9,2:1, maka masih aman menggunakan premium. PT AHM tentu sudah melakukan uji coba pada motor injeksi, terkait pemakaian bahan bakar premium ini. Karena premium adalh bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia,” paparnya.

Sarwono menambahkan, motor dengan rasio kompresi 10:1 lebih cocok menggunakan pertamax. Karena premium memiliki oktan yang rendah sehingga sulit untuk menghidupkan motor.

“Sekedar tips saja buat mereka yang memakai motor injeksi dan mengisi premium, lebih baik dilakukan penggiliran secara berkala. Sebagai contoh isi premium tiga kali, lalu diganti pertamax satu kali. Tapi ingat, harus ketika jarum menunjukkan ke bar empty, baru isi pertamax. Setelah mau habis, isi kembali premium,” ungkapnya.

Menurutnya, cara seperti ini akan membuat mesin motor lebih baik. Sebab sifat pertamax pada mesin yang sering menggunakan premium akan seperti detergen yang bertugas membersihkan karbon-karbon kotor yang ada di dalam mesin.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply