Home Oto Guide Inilah Manfaat Tutup Pentil Motor yang Tidak Disadari

Inilah Manfaat Tutup Pentil Motor yang Tidak Disadari

0 1566

Kerugian Tidak Menggunakan Pentil Ban, Tutup pentil biasanya dianggap remeh oleh sebagian pengendara sepeda motor. Padahal tutup pentil memiliki peran yang sangat penting bagi sepeda motor.

Oleh karena itu, bukanlah hal yang mengherankan jika ada polisi yang menilang pengendara motor yang tidak menggunakan tutup pentil pada rodanya. Lalu apa manfaat tutup pentil pada ban motor?

Berdasarkan informasi yang dimuat oleh Welovehonda, di dalam pentil atau biasa dikenal dengan istilah Valve Cap terdapat komponen kecil berupa sil yang terbuat dari bahan karet, penonjok dan per. Ketiga komponen inilah yang harus dilindungi oleh penutup pentil.

Manfaat Tutup Pentil Ban Motor 1

Seperti yang diketahui bersama, cara kerja masuk dan keluarnya angin adalah melalui penonjok pentil yang ditekan. Bila itu telah dilakukan, angin akan masuk dan keluar dengan mudah.

Akan tetapi jika tutup pentil tidak digunakan, dapat menyebabkan keluarnya udara secara tiba-tiba. Kondisi jalanan yang berbatu dan tak rata dapat membuat udara dalam ban keluar sedikit demi sedikit, hinga membuat ban kempes.

Hal ini akan mengakibatkan beratnya tarikan pada motor. Selain itu, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dari semestinya. Tidak hanya itu, kempesnya ban motor dapat mengakibatkan motor sulit dikendalikan dan tidak stabil. Hal ini tentu dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply