Home Oto Guide Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring

0 2845

Persiapan Sebelum Melakukan Touring Motor, Berkendara jarak jauh atau biasa dikenal dengan istilah touring merupakan kegiatan yang banyak digemari oleh biker di Indonesia. Touring pada umumnya dilakukan secara berkelompok, baik kelompok besar yang terdiri dari belasan orang ataupun kecil yang hanya terdiri dari 1-5 orang.

Agar kegiatan touring memberikan rasa nyaman dan aman, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Antara lain waktu, biaya, kondisi fisik dan kendaraan yang hendak digunakan. Berikut adalah hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan touring:

Tips Sebelum Melakukan Touring 1

  1. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Jangan lupa untuk memeriksa bagian luar motor secara menyeluruh meliputi lampu depan, rem, lampu rem, oli, roda dan baut. Pastikan baut motor terpasang dengan kuat demi keselamatan selama perjalanan.
  2. Ada baiknya servis motor terlebih dahulu sebelum melakukan touring. Kondisi pengapian dan pelumas mesin harus diperiksa dengan cermat, tak terkecuali kondisi aki.
  3. Disarankan untuk menggunakan motor yang memiliki tangki bensin berkapasitas besar. Apabila menggunakan motor matic, gunakan matic yang hemat bahan bakar. Ini dilakukan untuk meminimalkan pengeluaran selama touring.
  4. Buatlah rencana waktu keberangkatan dengan baik. Disarankan untuk tidak melakukan touring disaat hari besar atau saat liburan untuk menghindari kemacetan selama perjalanan. Umumnya biker melakukan touring saat malam hari, karena pada waktu tersebut kondisi jalan lebih lapang dan bebas dari kemacetan.
  5. Jagalah kekompakan dengan teman touring. Berkendaralah dengan sopan dan aman tanpa saling kebut-kebutan di jalanan.

Source: motor touring, apakah tourig hatus kebut?, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply