Home Mobil Cara Melihat Kondisi Bushing pada Mobil

Cara Melihat Kondisi Bushing pada Mobil

0 1737

Langkah-Langkah Mengetahui Kerusakan Bushing, Seiring berjalannya waktu, kendaraan yang sering digunakan akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut menandakan bahwa ada komponen yang sudah waktunya untuk diganti. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam hal ini, termasuk bushing.

Bushing memiliki tampilan yang berbeda, namun kehadirannya sangat diperhitungkan guna mendukung kinerja suspensi. Kerap kali bushing diabaikan oleh pemilik, padahal bushing yang telah habis masa pakainya dapat menyebabkan mobil tidak dapat dikendalikan dengan stabil.

Umumnya kerusakan pada bushing disebabkan oleh beratnya beban mobil saat dikendarai. Hal ini dapat terjadi pada mobil yang sering dipakai untuk memuat barang.

Tips Ketahui Kerusakan Bushing 1

Kerusakan dapat dirasakan saat kendaraan melesat dalam kecepatan tinggi. Sistem pengendalian akan terasa sulit untuk dikendalikan, terlebih lagi saat melintasi jalanan yang bergelombang atau tidak rata.

Anda dapat mencermati suara yang muncul pada bagian kaki-kaki. Jika bushing mengalami kerusakan suara yang ditimbulkan tidak enak didengar. Suara akan semakin terdengar keras apabila melintasi jalanan berlubang yang memanfaatkan kerja suspensi.

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan merasakan kemudi. Caranya dengan melewati jalanan berlubang dan melihatnya apakah ada perubahan arah yang terjadi saat setir tidak disentuh. Apabila ada perubahan arah, itu berarti bushing mengalami masalah.

Cara terakhir adalah memeriknya kondisi bushing yang ada. Bushing yang sudah tidak layak digunakan pada umumnya mengalami retakan. Hal ini terjadi lantaran bagian tersebut menopang beban yang berat.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply