Home Mobil Mempelajari Rangkaian Mesin pada Mobil Matic

Mempelajari Rangkaian Mesin pada Mobil Matic

0 2113

Mengenali Bagian-bagian Mesin pada Mobil Matic, Kini mobil matic bukanlah hal baru di pasar otomotif Tanah Air. Berbagai produsen telah melengkapi model-modelnya dengan varian transmisi matic. Penggunaannya yang lebih mudah dari jenis transmisi manual membuat mobil matic banyak diminati oleh masyarakat.

Mobil dengan sistem transmisi matic tidak sama dengan transmisi manual. Tak terkecuali dalam hal rangakian perseneling yang digunakan. mobil dengan sistem transmisi matic memerlukan perawatan yang lebih banyak daripada model manual.

Itulah alasan mengapa pemilik kendaraan sangat dianjurkan untuk memahami bagian-bagian maupun komponen mesin, termasuk bagaimana cara merawat dan mencegah terjadinya kerusakan pada mesin.

Tips Mengetahui Rangkaian Mobil Matic 2

Hal pertama yang dapat diamati dari mesin matic yakni Automatic Transmission Fluid (ATF). Letak cairan tersebut berada di dalam gearbox mesin matic. ATF bertugas untuk melumasi bagian mesin.

Pada dasarnya ATF berperan penting dalam hal membantu perpindahan gigi dan merapatkan kopling. Oleh karena itu ATF merupakan salah satu komponen mesin yang harus diganti secara teratur setiap kali perawatan.

Komponen selanjutnya yang ada pada mobil matic adalah slip kopling. Melalui komponen ini, pengguna kendaraan dapat mencermati kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil tersebut. Umumnya gejala kerusakan yang timbul adalah mobil tidak memiliki keseimbangan antara laju dan putaran mesin.

Mesin yang dipacu kencang seharusnya membuat mobil melaju dalam kecepatan yang meningkat juga. Akan tetapi bila justru berlawanan dapat disimpulkan bahwa mesin benar-benar mengalami kerusakan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply