Home Mobil Tips Mencampur BBM Subsidi dan Non-Subsidi yang Benar

Tips Mencampur BBM Subsidi dan Non-Subsidi yang Benar

0 1046

Trik Mencampur Bahan Bakar, Berkendara merupakan kegiatan wajib bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Entah akan menuju ke kantor, berlibur ke suatu tempat atau hanya sekedar berkeliling kota. Dengan begitu, mengisi bahan bakar juga menjadi agenda yang tak dapat terlewatkan.

Masih rendahnya kualitas bahan bakar subsidi membuat sejumlah pengguna kendaraan mobil maupun sepeda motor mencampur BBM subsidi dengan non-subsidi. Salah satu alasannya agar mendapatkan bahan bakar berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Berbagai metode untuk mencapur bahan bakar dilakukan oleh para pengguna kendaraan. Namun, tidak semua cara yang dilakukan tersebut benar. Jika pencampuran bahan bakar tidak dilakukan secara tepat, akan berdampak pada terganggunya kinerja mesin. Lantas seperti apa cara mencampur bahan bakar yang baik dan tepat?

Tips Mencampur Bahan Bakar 2

Dadi Hendriadi, selaku GM Technical Service PT Toyota-Astra Motor (TAM) memaparkan bahwa banyak cara yang dapat digunakan untuk mencampur bahan bakar subsidi dengan non-subsidi. Akan tetapi mencampurnya dengan komposisi 50:50 merupakan cara yang paling sederhana untuk dilakukan.

“Misalnya bahan bakar subsidinya 1 liter, lalu yang non-subsidinya juga 1 liter. Hitungannya dari Research Octane Number (RON), misalnya subsidi RON 88 dan non-subsidi 95, hasilnya dibagi 2 dan akan menghasilkan RON di atas 90,” papar Dadi.

Dadi menerangkan, langkah-langkah tersebut merupakan cara yang banyak digunakan oleh para pengguna kendaraan bermotor yang mencampur bahan bakar. Metode tersebut dihitung dengan menggunakan cara linear.

“Tapi tidak juga sepenuhnya benar. Semuanya dilihat dari oktan numbernya. Tapi secara teoritis bisa saja menggunakan metode itu dan tidak akan ada masalahnya, terkecuali bahan bakar yang dicampurnya sudah dicampur cairan za-zat kimia atau aditif,” ungkapnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply