Home Motor 8 Tips Merawat Motor Baru yang Baik dan Benar

8 Tips Merawat Motor Baru yang Baik dan Benar

0 1243

Cara Menjaga Kondisi Motor Baru, Disamping mengetahui dan memahami bagaimana cara mengendarai kendaraan yang dimiliki, pemilik motor juga harus mengetahui bagaimana cara merawat motor tunggangannya.

Seiring berjalannya waktu, motor yang terus menerus digunakan pasti mengalami penurunan performa. Jika hal ini terus dibiarkan dapat menimbulkan kerusakan yang serius. Lain halnya bila pemilik rajin merawat motornya. Selain kinerja tetap terjaga, motor menjadi awet dan menyenangkan untuk diajak berkendara.

Tips Merawat Motor Baru 2

Bagi Anda yang memiliki motor, berikut adalah beberapa tips dan trik merawat motor kesayangan:

  1. Apabila motor masih dalam kondisi baru, disarankan untuk tidak membawa beban berat hingga menempuh jarak 500 km. Pacu kendaraan dalam kecepatan yang stabil supaya kerja motor tetap baik.
  2. Gunakan gratis servis motor dan ganti oli 3 kali jalan. Untuk motor bermesin 4 langkah, disarankan memasukkan sedikit oli ke dalam knalpot. Tujuannya agar knalpot tahan lama dan tidak keropos.
  3. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara teratur. Disarankan untuk melakukan tune up setiap 2 bulan sekali.
  4. Biasakan untuk memanaskan motor sebelum digunakan. Panaskan kendaraan selama 5 menit. Jangan lebih dari itu karena bahan bakar akan terbuang percuma. Namun hal ini tidak diwajibkan bagi pemilik motor dengan sistem injeksi.
  5. Jagalah kebersihan motor dengan mencucinya secara teratur. Selain membuat motor mengkilap, hal ini dapat mencegah timbulnya karat pada motor.
  6. Jauhkan motor dari sengatan matahari secara langsung. Sebab sinar matahari dapat membuat warna motor cepat memudar.
  7. Jangan membiasakan diri mengemudi dalam kecepatan tinggi. Berkendaralah dengan baik agar komponen-komponen yang ada di dalam motor tahan lama.
  8. Gunakan bensin dengan kualitas yang memadai agar mesin dan kualitas motor tetap terjaga.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply