Home Mobil Tips Memilih Pelek Mobil yang Baik dan Benar

Tips Memilih Pelek Mobil yang Baik dan Benar

0 3244

Langkah-Langkah Memilih Pelek Mobil, Memiliki mobil dengan tampilan yang menarik adalah keinginan banyak orang. Oleh karena itu melakukan modifikasi mobil kesayangan merupakan hal yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil. Tersedianya berbagai bahan dan komponen membuat pemilik leluasa dalam memodifikasi mobilnya.

Salah satu bagian yang kerap menjadi sasaran modifikasi adalah pelek. Akan tetapi, melakukan ubahan pada pelek bisa dibilang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ubahan yang dilakukan tidak menimbulkan masalah.

Sebelum memutuskan untuk mengubah bagian pelek mobil, ada dua hal yang harus dicermati oleh para pemilik mobil.

Tips Memilih Pelek Mobil 1

1. PCD

Pitch Centre Diameter (PCD) merupakan ukuran pelek yang dijadikan sebagai acuan. Ukuran ini menjelaskan jarak antara lubang baut satu dengan lubang yang lain.

Perhatikan pula offset atau ukuran jarak antara bagian dalam tengah pelek dengan permukaan dudukan pada kaki mobil. Dengan mencermatinya kita akan mengetahui jarak keluar atau masuknya bibir pelek dari fender mobil.

“Paling kalau mau menggantinya, tak boleh terlalu jauh dari acuan pabrik, maksimal dua tingkat naik atau turun. Kalau lebih bisa justru menggerus dinding fender atau ban,” kata Amar dari bengkel modifikasi pelek Mdm.

2. Jenis

Di pasar aftermarket umumnya tersedia dua jenis pelek, yaitu pelek berbentuk satu bagian (one piece) dan tiga bagian (three pieces). Pelek one piece memiliki keunggulan dalam hal keawetannya. Tetapi pelek model ini berbobot berat dan memiliki motif yang tidak banyak.

Sementara pelek three pieces memiliki kelebihan dalam hal ketersediaan komponen pengganti. Selain itu desain yang ada lebih bervariasi dan memiliki bobot yang ringan. Namun kekuatan yang dimilikinya tidak sebaik pelek one piece.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply