Home Motor 4 Tips Merawat Kampas Rem Motor yang Baik dan Benar

4 Tips Merawat Kampas Rem Motor yang Baik dan Benar

0 1547

Trik Merawat Kampas Rem Sepeda Motor, Para pemilik sepeda motor tentunya ingin kendaraan miliknya tahan lama dan selalu dalam kondisi yang baik. Berbagai hal dapat mempengaruhi performa yang dimiliki oleh motor. Apabila tidak cermat dan berhati-hati dalam berkendara, hal tersebut dapat membuat komponen motor cepat rusak.

Salah satunya adalah kampas rem motor. Komponen ini bertugas ntuk mengurangi putaran disc brake dan memperlambat putaran roda saat pengendara melakukan pengereman. Oleh karena itulah kondisi kampas rem harus selalu terjaga. Kampas rem yang terawat akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Tips Rawat Kampas Rem Motor 1

Berikut adalah beberapa tips merawat kampas rem:

  1. Cek posisi tromol, terutama pada bagian penampang dudukan cakra. Pertama-tama bersihkan komponen tersebut dan pastikan penampang dalam keadaan bersih. Pastikan pula permukaan dudukan cakram rata seluruhnya. Ini dilakukan supaya piringan cakram dapat berputar secara simetris sehingga beban cakram tidak berat.
  2. Bersihkan caliper dan pin secara fleksibel, agar tekanan yang dihasilkan kampas rem sama besar. Cermati juga jarak bebas antara piringan dan kampas rem. Apabila terlihat belum sempurna, atur ulang hingga diperoleh posisi yang tepat.
  3. Pastikan roda selalu dilumasi dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan pelumasan secara teratur supaya mencegah timbulnya singgungan antara cakram dengan kampas rem. Hal tersebut perlu diperhatikan karena masalah seperti ini banyak dialami oleh pengendara motor.
  4. Gunakanlah rem secara baik dan bear. Caranya dengan menjaga jarak antara motor Anda dngan kendaraan lain yang ada di depan Anda untuk meminimalisir rem mendadak. Pengereman yang terlalu sering dapat memperpendek usia kampas rem motor.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply