Home Mobil Cara Mengendarai Mobil Matic yang Baik dan Benar

Cara Mengendarai Mobil Matic yang Baik dan Benar

0 3418

Trik Berkendara dengan Mobil Matic, Mobil matic menawarkan kemudahan tersendiri bagi para pengendara. Hal ini dimungkinkan karena mobil matic mengusung transmisi otomatis yang membuat perpindahan gigi lebih sederhana.

Akan tetapi, dibalik kemudahan yang dimiliki, mobil matic dinilai cukup menyulitkan bagi pengendara pemula. Banyak kecelakaan yang terjadi lantaran pengemudi belum memiliki wawasan yang memadai mengenai mobil matic. Hal inilah yang membuat para dealer dan produsen mobil memberikan panduan khusus mengendarai mobil matic.

Tips Mengendarai Mobil Matic 2

Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda yang ingin mengendarai mobil matic.

  1. Perhatikan urutan penggantian tuas transmisi mobil. Pastikan Anda menghafal urutan tersebut untuk meminimalisir kesalahan memasukkan posisi tuas transmisi.
  2. Biasakan diri untuk membebaskan kaki kiri dari pedal kopling. Seperti yang diketahui, mobil matic hanya memiliki duda pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem. Pembiasaan ini perlu dilakukan agar kaki kiri tidak menginjak pedal rem saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.
  3. Biasakan pula untuk menginjak rem ketika akan mengganti transmisi. Hal ini bertujuan untuk mencegah mobil berjalan sendiri saat memindah transmisi. Masalah ini kerap menimpa para pengendara mobil matic.
  4. Apabila melewati tanjakan atau jalanan yang menaik, disarankan untuk memindah transmisi pada posisi L. Dengan begitu transmisi hanya dapat berpindah antara gigi satu dan dua saja. Hal ini berguna sebagai engine brake saat jalan menurun.
  5. Pelajari fungsi tombol hold dengan baik. Tombol ini berfungsi sebagai pengunci gigi dan bisa digunakan ketika tuas berada di posisi D. Saat tombol ditekan, fitur tersebut akan aktif dan mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menghemat bahan bakar.

Source: cara mengendarai fortuner matic, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply