Home Mobil 6 Prinsip Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

6 Prinsip Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

0 1259

Tips Berkendara di Jalan Raya, Keselamatan selama berkendara di jalan raya perlu diutamakan, sebab masih tingginya angka kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di jalan. Wawasan mengenai pentingnya keselamatan harus ditanamkan sejak ini. Hal ini dilakukan agar berkendara dengan aman menjadi sebuah kebiasaan.

Brake, sebuah badan yang bergerak dibidang keselamatan jalan raya di Negeri Ratu Elizabeth, Inggris, memaparkan pengendara harus memegang 6 prinsip yakni Slow, Sober, Secure, Silent, Sharp dan Sustainable.

Prinsip Berkendara di Jalan Raya 1

Berikut adalah penjelasan enam prinsip tersebut:

  1. Slow (Pelan): Pengendara memacu kendaraannya dalam kecepatan wajar, terlebih saat melewati pemukiman, tikungan, keramaian maupun cuaca yang tidak bersahabat.
  2. Sober (Sadar): Jangan mengemudi di bawah pengaruh minuman beralkohol maupun obat-obatan.
  3. Secure (Aman): Selalu gunakan alat keselamatan bagi pengemudi dan penumpang ketika akan melakukan perjalanan. Sebagai contoh memakai helm jika mengendarai sepeda motor dan menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara dengan mobil.
  4. Silent (Senyap): Jangan mengoperasikan ponsel selama berkendara, entah itu menerima panggilan ataupun SMS. Ada baiknya untuk menonaktifkan ponsel atau mengaturnya dalam mode silent (senyap) serta jauhkan dari pandangan. Disamping itu usahakan tidak berbicara dengan seseorang yang sedang berkendara.
  5. Sharp (Waspada): Pastikan Anda dalam kondisi sehat saat hendak melakukan perjalanan. Jangan berkendara jika kelelahan, stres atau bahkan dalam pengaruh obat. Istirahatlah dengan baik jika Anda merasa lelah.
  6. Sustainable (Ramah lingkungan): Hindari mengemudi sendiri dan biasakan berpergian dengan berjalan kaki, bersepeda atau memanfaatkan transportasi umum guna menjaga lingkungan dan kesehatan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply