Home Mobil 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Perlu Diketahui

5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Perlu Diketahui

0 853

Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin, Perangkat AC (air conditioner) pada mobil sudah menjadi bagian tak terpisahkan. Terlebih lagi bagi orang yang tinggal di perkotaan yang kental dengan hawa panas. Selain itu AC mobil juga bermanfaat saat pengendara terjebak macet yang melelahkan dan menguras banyak waktu.

Akan tetapi ada masalah yang kerap mengintai pengguna mobil yang menyalakan AC, salah satunya adalah AC tidak bekerja dengan baik sehingga pendinginan tidak maksimal. Disaat seperti itu banyak pengguna yang mengeluh kepanasan meskipun AC telah dinyalakan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin 1

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan AC tidak dingin:

1. Belt putus
Belt bertugas untuk menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC. Apabila komponen ini terputus, maka kompresor AC tidak berputar dan membuat AC mobil tidak dingin.

2. Kompresor AC mengalami masalah
Masalah yang timbul pada kompresor AC bervariasi. Sebagai contoh rusaknya magnetic clutch, kelebihan oli pelumas dan lain-lain. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel AC terdekat.

3. Freon habis / kurang
Freon bertugas untuk menyerap panas dan membuangnya melalui kondensor. Berkurangnya freon pada AC mobil dikarenakan adanya kebocoran di dalam sistem. Untuk mengatasinya, periksa pipa-pipa yang digunakan untuk jalur freon.

4. Kondensor kotor
Komponen ini memiliki bentuk yang menyerupai radiator dengan sirip-sirip pendingin. Kondensor berfungsi untuk menerap panas dan membuangnya ke udara. Apabila kondensor pada AC kotor, tentunya membuat panas di dalam kabin tidak dapat dikeluarkan dengan baik sehingga AC mobil tidak dingin.

5. Blower AC mati atau putarannya lemah
Blower bertugas untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam kabin. Apabila komponen ini mengalami masalah, udara dingin tidak dapat masuk secara maksimal.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply