Home Motor Cara Agar Motor Tidak Overheat yang Baik dan Benar

Cara Agar Motor Tidak Overheat yang Baik dan Benar

0 1130

Trik Mencegah Overheat pada Mesin Motor, Berkendara dengan sepeda motor saat akhir pekan atau menjelang musim liburan merupakan agenda wajib bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih menyukai berkendara dengan sepeda motor. Salah satunya adalah kemudahannya untuk dibawa pergi.

Namun, terkadang ada beberapa masalah yang timbul saat berada di perjalanan. Mesin motor yang mudah panas atau overheat bisa jadi masalah yang sering timbul. Hal ini tentunya membuat pengendara kerepotan, terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh masih jauh.

Akan tetapi ada beberapa cara agar mesin motor tidak mudah panas. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Cegah Overheat pada Motor 2

Agar mesin motor tidak mudah panas, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengganti oli mesin secara teratur. Disamping berfungsi sebagai pelumas, oli dapat mendinginkan komponen yang ada di dalam mesin saat terjadi gesekan antar komponen. Jangan lupa untuk memeriksa apakah jalan distribusi oli dalam motor dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah memeriksa kondisi piston. pastikan komponen ini tidak dalam kondisi yang teralu rapat. Karena, bila piston terlalu rapat dapat mengakibatkan seer dann piston mudah macet dan berpotensin menimbulkan panas. Masalah ini juga akan menyebabkan blok mesin cepat rusak.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi kebersihan sirip da kepala silinder. Apabila sirip dan kepala silinder dipenuhi dengan kotoran dan debu, proses pelepasan panas mesin akan mengalami gangguan sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinnya. Hal inilah yang memicu panasnya mesin pada motor.

Source: agar mesin motor tidak overheat saat perjalanan jauh, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply