Home Motor Motor Matic Motor Matic Cepat Rusak, Apa Saja Penyebabnya?

Motor Matic Cepat Rusak, Apa Saja Penyebabnya?

0 3217

Penyebab Motor Matic Cepat Rusak, Kiprah motor matic di Tanah Air memang terbilang belum lama, akan tetapi peminatnya semakin bertambah besar. Kemudahan saat dikendarai dan bentuknya yang lebih menarik merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Perlu diingat, menggunakan motor matic juga tidak lepas dari aktivitas perawatan. Hal ini perlu dilakukan agar performa mesin tetap terjaga. Disamping itu, cara pengendara menggunakan motor matic juga mempengaruhi kinerja motor. Bila tidak sesuai, motor matic justru menjadi cepat rusak.

Berikut adalah hal-hal yang wajib dihindari oleh pengguna motor matic:

Penyebab Skutik Cepat Rusak 1

1. Menggunakan standar samping ketika memanaskan motor matic
Hal ini disarankan untuk tidak dilakukan oleh pengguna. Meski saat ini motor matic telah dibekali dengan teknologi cut off mesin saat standar samping diturunkan, namun beberapa model skutik lama belum memiliki fitur tersebut.

2. Memilih oli sembarangan
Mesin pada motor matic membutuhkan oli dengan spesifikasi khusus sebagai pelumasnya. Oli motor matic setidaknya diganti setiap 2.000 km. Selain itu, oli pada box CVT juga tidak boleh luput dari penggantian. Untuk oli gardan idealnya diganti setiap 10.000 km.

3. Menarik tuas dengan spontan
Hal ini juga harus dihindari, karena dapat memperngaruhi performa mesin dan membuat motor matic boros bahan bakar.

4. Tidak pernah memeriksa aki
Aki merupakan komponen penting yang harus selalu diperiksa kondisinya. Kelistrikan motor matic dapat didukung oleh aki basah ataupun aki kering. Jika motor matic menggunakan aki basah, selalu pastikan air aki berada pada batas ambang yang aman.

5. Teknik berkendara yang salah
Hindari untuk menurunkan gas secara spontan. Selain itu jangan membawa beban yang berat karena hal tersebut dapat membuat motor matic boros bahan bakar.

6. Mengisi bahan bakar sembarangan
Motor matic memang lebih boros dibandingkan motor manual. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi agar pembakaran mesin lebih baik dan hemat BBM.

Source: penyebab motor matic cepat rusak, penebab motor metik mesin rusak, Agar matic mio tidak cepat rusak, faktor yg menyebabkan motor gampag rusak, cara bikin motor matic cepet rusak, penyebab aki pada motor matic cepat rusak, mesin mio m3 cepat jebol, mesin motor matic yang paling cepat a, mesin yang disamping motor matic, mio 54 cepet rusak, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply