Home Mobil Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Secara Sederhana

Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Secara Sederhana

0 800

Trik Merawat Komponen Mobil Saat Cuaca Panas, Walaupun di beberapa wilayah telah diguyur hujan, akan tetapi cuaca panas tetap hadir di sela-sela aktivitas kita. Hal ini merupakan masalah tersendiri bagi para pemilik mobil. Sebab disaat cuaca yang seperti ini beberapa komponen rentan rusak sehingga perlu perhatian khusus.

Berikut adalah beberapa komponen yang memerlukan perhatian dan perawatan saat cuaca panas:

1. Sistem pendingin
Setiap mobil memiliki temperatur maksimum untuk bekerja di performa terbaiknya. Maka dari itu para pemilik harus memastikan bahwa kondisi sistem pendingin selalu sehat. Kuras radiator sekaligus bersihkan dari bermacam-macam kotoran. Selain itu jaga volume coolant, atau ganti setiap satu tahun sekali. Jangan lupa memeriksa aliran pendingin pada kendaraan.

© gerard uferas Arval Paris 18_03_09

2. Aki
Komponen ini berpotensi mengalami kerusakan apabila suhu disekitarnya sangat panas. Pastikan terminal dan kabel bebas dari korosi. Lakukan pembersihan agar aki selalu dalam keadaan baik.

3. Oli mesin
Oli bertugas untuk melindungi mesin mobil. Apabila oli pada kendaraan tidak diperhatikan dapat berakibat menurunnya performa mesin. Oleh karena itu periksa level oli dan gunakan oli yang direkomendasikan. Jenis oli sintetik disarankan bagi pengguna karena lebih ampuh dalam melawan panas.

4. Cat
Kotoran dan paparan sinar matahari sangat mempengaruhi kondisi cat mobil. Dianjurkan untuk mencuci kendaraan secara teratur guna menghilangkan kotoran yang menempel pada cat.

5. Ban
Hawa panas juga berdampak buruk bagi ban jika kekurangan tenanan udara. Tingginya suhu dapat merusak ban mobil. Pastikan tekanan ban selalu baik agar tidak terjadi hal semacam itu.

6. Filter udara
Bagian ini rentan kotor saat udara kering dan angin berhembus kencang. Jagalah kebersihan filter udara atau menggantinya dengan yang lebih berkualitas.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply