Home Mobil Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Baik dan Benar

Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Baik dan Benar

0 1633

Trik Membersihkan Mesin pada Mobil, Menjaga kebersihan pada mobil kesayangan adalah hal yang penting. Akan tetapi ketika membersihkan bagian permesinan mobil tidak bisa disamakan dengan mencuci bodi mobil. Ada teknik khusus yang harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen yang ada.

Hal yang harus dilakukan pertama-tama adalah dengan memanaskan mobil terlebih dahulu hingga kondisi mesin hangat. Jangan bersihkan jika kondisi mesin masih panas.

Apabila mobil telah cukup hangat, tutup sejumlah komponen mesin yang mendukung sistem pengapian, semisal distributor atau delco, dinamo starter, alternator, kabel-kabel busi dan sistem elektronik yang ada di dalam mesin. Tutup komponen-komponen tersebut hingga tidak tembus air. Anda dapat menggunakan aluminium foil atau plastik untuk menutupinya.

Cara Bersihkan Mesin Mobil 1

Apabila sudah selesai, langkah berikutnya adalah penyemprotan. Semprotlah bagian kap mesin terlebih dahulu, kemudian semprot bagian dinding-dinding mesin. Gunakan sabun colek untuk membersihkan bagian-bagian yang terkena kotoran seperti bekas oli.

Setelah seluruh bagian telah dibilas dengan air, segera keringkan dengan menggunakan kain bersih dan kering. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal, sebab hal tersebut dapat menimbulkan bekas.

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian ruang mesin. Caranya, basahi bagian tersebut dengan air bertekanan tidak terlalu tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada komponen-komponen mesin akibat terkena semprotan air. Gunakan spon atau kain bekas untuk membersihkan bagian yang mudah dijangkau. Sementara untuk bagian yang sulit terjangkau, gunakan sikat yang memiliki permukaan agak kasar.

Jika sudah selesai, bersihkan dengan handuk atau kain kering dan bersih. Jangan sampai ada air yang tertinggal agar tidak menimbulkan keroposan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply